Kabupaten Situbondo Raih Predikat Madya KLA Tahun 2021
29 Jul
Kabupaten Situbondo Raih Predikat Madya KLA Tahun 2021

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo meraih predikat madya pada Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021. Predikat bergensi tersebut dianugerahkan secara daring melalui Zoom Meeting Room dan Live Streaming Youtube Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI, Kamis (29/7/2021).

Kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Situbondo, Imam Hidayat mengungkapkan, predikat madya tersebut bisa diraih berkat kerja keras antar organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Selain itu, juga peran serta masyarakat di Kota Santri.

"Kita punya gugus tugas, ada enam organisasi perangkat daerah (OPD) didalamnya. Yaitu, dinas pendidikan dan kebudayaan, dinas sosial, dinas kependudukan dan pencatatan sipil, bappeda, dinas kesehatan dan dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Kami semua bahu-membahu untuk meraih predikat madya itu," ujarnya.

Lebih lanjut, Imam Hidayat menyampaikan, berkat capaian tersebut, Pemkab Situbondo berhasil naik satu tingkat dari tahun sebelumnya. "Awalnya kita predikat pratama, dan alhamdulillah sekarang jadi madya," imbuhnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Owner RS Mitra Sehat ini memaparkan, ada 4 poin hak anak yang harus dipenuhi dalam penghargaan kabupaten/kota layak anak. "Ada hak hidup, tumbuh dan berkembang, mendapat perlindungan dan partisipasi," tegasnya.

Imam Hidayat optimis, tahun depan pihaknya bisa meraih predikat nindya dalam penghargaan kabupaten/kota layak anak di tahun yang akan datang. "Kita bersyukur dimasa pandemi Covid-19 saat ini, bisa meraih prestasi. Tentunya kami akan terus bekerja ekstra untuk bisa naik ke predikat diatasnya (nindya -red)," paparnya.

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, mengapresiasi langkah dari 275 pemerintah kabupaten dan kota yang telah bekerja keras dalam memenuhi hak dan perlindungan terhadap anak. "Terima kasih atas sumbangsih nyatanya yang telah mendapatkan predikat kota layak anak, baik itu, pratama, madya, nindya dan tingkat utama," pungkasnya. (Humas).


Dibaca : 94X