Kabar Gembira, Menhub Beri Izin Long Distance Ferry Pelabuhan Jangkar ke Indonesia Bagian Timur
10 Jan
Kabar Gembira, Menhub Beri Izin Long Distance Ferry Pelabuhan Jangkar ke Indonesia Bagian Timur

SITUBONDO - Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi memberikan izin long distance ferry (LDF) Pelabuhan Jangkar ke Lembar, Nusa Tenggara Barat dan Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengungkapkan, keunggulan dermaga gerak atau Movable Bridge (MB) II Pelabuhan Jangkar melayani trayek pelayaran ke Lembar dan Kupang. Salah satunya efisiensi waktu.

"Jika lewat Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, melalui Bali, ke Lembar membutuhkan waktu sekitar 13 jam. Sedangkan bila melalui Pelabuhan Jangkar hemat waktu sekitar 2 jam atau hanya 11 jam. Tentunya ini jelas lebih efisien," ujarnya, Senin (10/1/2022).

Selain itu, Mantan Kadis PUPR Bondowoso ini mengungkapkan, kendaraan angkutan barang dari Situbondo ke Pelabuhan Ketapang harus melalui Hutan Baluran. "Dan itu membutuhkan waktu sekitar 2 jam, karena banyak tanjakan di Baluran," tambahnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengakui, memang masih ada beberapa infrastruktur yang perlu diperbaiki. Salah satunya, pelebaran jalan ke pelabuhan yang membutuhkan dukungan penuh Pemprov Jatim.

"Untuk pelebaran jalan ke Pelabuhan Jangkar, alhamdulillah Bunda Gubernur Khofifah juga direspons cepat. Tim Dinas PUPR Provinsi Jatim sudah turun ke lapangan. Sedangkan dari pemerintah kabupaten juga akan menyiapkan lahan parkir di kawasan pelabuhan," bebernya.

Sekedar informasi, pengembangan dermaga gerak atau Movable Bridge II Pelabuhan Jangkar diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah, Minggu (19/12/2021) lalu.

Hingga saat ini, ada tiga kapal Feri yang melayani penyeberangan rute Pelabuhan Jangkar menuju kepulauan di Madura. Yakni KMP Munggiyango Hulalo melayani Rute dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Kangean - Kalianget, KMP Satya Kencana dan KMP Dharma Kartika melayani dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Sapudi - Kalianget dan Pulau Raas - Kalianget. (Humas & Protokol).


Dibaca : 672X