Jajaki Kerja Sama Kembangkan Tanaman Vanili, Bupati Situbondo Vidcon dengan Pengusaha Amerika Serikat
10 Jun
Jajaki Kerja Sama Kembangkan Tanaman Vanili, Bupati Situbondo Vidcon dengan Pengusaha Amerika Serikat

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi melakukan video conference (Vidcon) dengan pengusaha Amerika Serikat, Rabu (9/6/2021) malam. Tujuannya untuk melakukan penjajakan kerja sama mengembangkan tanaman vanili di wilayah pegunungan yang ada di Kota Santri.

"Semalam kami sudah melakukan telekonferensi guna membahas kerja sama mengembangkan tanaman vanili di wilayah pegunungan. Seperi, Kayumas, Sumbermalang dan Tepos," ujar bupati.

Orang nomor satu di Kota Santri ini mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo dan pengusaha Amerika Serikat akan mengunjungi ketiga wilayah tersebut. "Insyaallah kita akan kesana (Kayumas, Sumbermalang dan Tepos -red) untuk mengetahui kondisi tanahnya cocok atau tidak," tambahnya.

Lebih lanjut, Mantan Kadis PUPR Lumajang ini menjelaskan jika hasil survei lapangan menunjukkan kecocokan (tekstur tanah di Kayumas, Sumbermalang dan Tepos -red). Maka, pihaknya akan melakukan kerja sama dengan beberapa pihak.

"Kalau cocok secepatnya kami menjalin kerja sama dengan pengusaha Amerika Serikat tersebut sebagai pembimbing sekaligus pembeli dan penyedia bibit. Untuk permodalan kita libatkan Bank Indonesia," tegasnya.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengungkapkan, sudah ada beberapa warga yang menanam tanaman yang disebut emas hijau ini. "Masyarakat Kayumas sudah melakukannya, namun secara otodidak," pungkasnya. (Humas).


Dibaca : 143X