Jadikan Komoditas Unggulan, Bupati Situbondo Panen Perdana Porang di Jatibanteng
09 Jun
Jadikan Komoditas Unggulan, Bupati Situbondo Panen Perdana Porang di Jatibanteng

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi berkomitmen untuk menjadikan tanaman porang sebagai komoditas unggulan di Kota Santri. Untuk itu, pihaknya terus mendukung penuh petani untuk menanam tanaman yang masuk dalam golongan umbi-umbian ini. 

"Kami berkomitmen untuk mendukung petani porang. Yaitu, dengan memberikan kredit usaha rakyat (KUR) dari Bank BRI," ujar bupati setelah menghadiri acara panen raya perdana porang di Desa Semambung, Kecamatan Jatibanteng, Rabu (9/6/2021). 

Selain itu, orang nomor satu di Kota Santri ini mengatakan, pihaknya juga telah melakukan pembicaraan dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur untuk mendapatkan bantuan bibit porang seluas 1.000 Hektar. "Bila sudah ada kita akan bagikan secara gratis kepada para petani porang. Tentunya ini usaha nyata kami mewujudkan Situbondo Siratake," tegasnya.

Lebih lanjut, Mantan Kadis PUPR Lumajang ini optimis pada musim tanam tahun 2021 tanaman porang di Kabupaten Situbondo mencapai 1.500 Hektar. "Musim tanam tahun ini yang jatuh pada bulan September hingga awal November kita targetkan 1.500 hektar lahan ditanami porang," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Petani Porang Situbondo (P3Si), Junaidi menjelaskan, satu Hektar lahan mampu menghasilkan hingga 30 Ton umbi porang. "Saya kemarin sudah panen itu, mampu menghasilkan puluhan Ton dalam sehektar," paparnya.

Lebih lanjut, Junaidi pria yang akrab disapa Bos Cilik ini mengungkapkan, terdapat kendala dalam menaman porang, yaitu umbi porang akan membusuk bila telat ditanam. "Musim tanam itu bulan 10 hingga awal bulan 11. Setelah saya gali ternyata 60 persen busuk. Untuk masalah ini kami belum tau penyebabnya," pungkasnya. (Humas).


Dibaca : 174X