Jadi Kunci Kemajuan Bangsa, Wabup Situbondo Ajak Guru Tingkatkan Kualitas Pendidikan
25 Jun
Jadi Kunci Kemajuan Bangsa, Wabup Situbondo Ajak Guru Tingkatkan Kualitas Pendidikan

SITUBONDO - Wakil Bupati Situbondo, Nyai. Khoirani mengajak guru sekolah dasar untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Sebab, pendidikan merupakan kunci kemajuan bangsa.

Hal tersebut disampaikan orang nomor dua di Kota Santri Pancasila ini saat membuka pelatihan peningkatan kapasitas tenaga pendidik sekolah dasar, Selasa, 25 Juni 2024. Acara tersebut berlangsung di Ballroom Hotel Lotus, Kecamatan Panji.

"Pendidikan merupakan kunci bagi kemajuan suatu bangsa. Dalam era yang penuh dengan tantangan dan perubahan seperti saat ini kita memerlukan guru-guru yang tidak hanya mampu mengajar, tetapi juga menjadi inspirasi bagi siswa-siswinya," ujarnya di hadapan puluhan peserta pelatihan.

Nyai. Khoirani mengungkapkan, pelatihan peningkatan kapasitas tenaga pendidik sekolah dasar ini sangat penting untuk mensinergikan berbagai informasi perkembangan pembangunan bidang pendidikan. "Pelatihan ini juga berguna untuk membangun pandangan atas berbagai kebijakan bidang pendidikan serta implementasinya di Kabupaten Situbondo. Sehingga kegiatan pelatihan ini memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kualitas mutu pembangunan bidang pendidikan di Kabupaten Situbondo," bebernya.

Lebih lanjut, perempuan asal Kecamatan Besuki ini menyampaikan, pembangunan pendidikan merupakan salah satu prioritas utama pembangunan nasional dan Kabupaten Situbondo. "Pendidikan merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Oleh karena itu, kualitas pendidikan merupakan tanggungjawab semua pihak," imbuhnya.

Menurut Wabup Situbondo, pendidikan juga merupakan bagian dari sektor prioritas dalam upaya pengentasan kemiskinan dengan peningkatan akses masyarakat terhadap fasilitas dasar pendidikan. "Harapannya mampu meningkatkan derajat pendidikan, sehingga pada akhirnya akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat yang lebih baik," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Situbondo, Samsuri menjelaskan, tujuan dari pelatihan peningkatan kapasitas tenaga pendidik sekolah dasar, yakni mengetahui kebijakan pendidikan baik pada kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi maupun daerah; mengetahui model peningkatan kompetensi guru SD, memahami prinsip pembelajaran dan asesmen yang berpusat pada murid.

"Untuk acara pelatihan peningkatan kapasitas tenaga pendidik sekolah dasar berlangsung selama empat hari. Yakni mulai Selasa hingga Jumat, 25-28 Juni 2024. Jumlah peserta pada pelatihan kapasitas tenaga pendidik kali ini ada puluhan guru sekolah dasar," ucapnya.

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 43X