Jadi Inspektur Upacara HAB Kemenag Ke-77, Bupati Situbondo Sampaikan Amanat Gus Yaqut
03 Jan
Jadi Inspektur Upacara HAB Kemenag Ke-77, Bupati Situbondo Sampaikan Amanat Gus Yaqut

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi, menjadi inspektur upacara bendera dalam peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia ke-77 di Alun-alun Situbondo, Selasa (03/01/2023). Kegiatan tersebut mengusung tema 'Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat'.

Dalam kesempatan itu, Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan amanat Menag Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas.

Bung Karna mengatakan, di awal tahun insan Kemenag Republik Indonesia memiliki makna khusus. Yakni peringatan HAB Kemenag. "Kita sebagai generasi penerus Kementerian Agama sudah melakukan pengabdian kepada bangsa dan negara," ujar Bupati membacakan amanat Menag yang akrab disapa Gus Yaqut ini.

Bupati melanjutkan, pada peringatan HAB ke-77 ini, Menag Gus Yaqut mengajak seluruh ASN di Lingkungan Kementerian Agama untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. "Jadikan peringatan HAB ini sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia," imbuhnya.

Dalam peringatan HAB ke-77 tersebut, Kemenag Republik Indonesia telah berubah. "Birokrasinya lebih lincah dan responsif. Transformasi digital mulai berjalan. Salah satunya dengan kehadiran Pusaka Super APPS yang merupakan aplikasi digital Kemenag. Dan berbagai inovasi digital juga terus dilakukan, mulai dari pusat hingga daerah," tambah Bupati.

Bung Karna melanjutkan, semua itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Lembaga pendidikan binaan Kemenag juga terus mengukir prestasi di level nasional maupun internasional.

"Ini bukti nyata kalau Kementerian Agama telah berubah. Di tahun 2022, Kemenag berhasil memperoleh 22 penghargaan," tegas Bupati membacakan amanat Menag.

Lanjut Bung Karna, kerukunan antar umat beragama menjadi syarat suksesnya pembangunan nasional. Sebab pembangunan membutuhkan stabilitas dan stabilitas itu dapat terwujud bila antar masyarakat rukun dan damai.

"Untuk itu, keluarga besar Kementerian Agama bersama tokoh agama dan masyarakat harus berada di garis depan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai. Sehingga semangat merawat kerukunan umat beragama harus digelorakan seluruh ASN di Lingkungan Kementerian Agama yang partisan," tutur Bupati.

Melalui HAB ke-77 ini, harus dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan soliditas organisasi. "Kita berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh dan terorganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," pungkas Bung Karna.

Terakhir, Bupati menyampaikan, sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian kepada negara, Kemenag pada tahun 2023 ini kembali mengajukan kepada Presiden Joko Widodo untuk memberikan penghargaan satyalancana karya satya kepada 10.073 PNS di Kementerian Agama.

"Dan alhamdulillah permohonan itu telah dikabulkan oleh Bapak Presiden. Penghargaan satyalancana karya satya 30 tahun kepada 936 orang, 20 tahun 2.860 orang dan 10 tahun 6.277 orang. Selamat kepada para PNS yang menerima penghargaan satyalancana karya satya. Semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja bapak - ibu sekalian," tutup Bupati Situbondo.

Hadir dalam upacara tersebut Wabup Nyai Hj. Khoirani; Ketua TP-PKK Hj. Juma'ati Karna Suswandi; Kepala Kemenag Situbondo, Slamet; Jajaran Forkopimda; Sekdakab Wawan Setiawan dan Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo. (Prokopim)


Dibaca : 277X