Ini Pesan Wapres KH Ma'ruf Amin dalam Orasi Ilmiah di Universitas Ibrahimy Sukorejo
21 Oct
Ini Pesan Wapres KH Ma'ruf Amin dalam Orasi Ilmiah di Universitas Ibrahimy Sukorejo

SITUBONDO - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin menghadiri acara wisuda di Universitas Ibrahimy Sukorejo, Kamis (21/10/2021). Dalam kesempatan tersebut orang nomor dua di republik ini menyampaikan orasi ilmiah di hadapan ratusan wisuda dan wisudawati di lembaga pendidikan Islam tersebut.

KH Ma'ruf Amin mengatakan, pondok pesantren (Ponpes) menjadi pilar strategis pemerintah dalam dalam mewujudkan generasi emas dan hebat Indonesia. "Karena pesantren itu merupakan institusi pendidikan Islam yang memiliki tiga fungsi. Yakni, sebagai pusat pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat," ujar Wapres, KH Ma'ruf Amin.

KH Ma'ruf Amin menerangkan, Ponpes adalah model pendidikan tertua di Indonesia. "Tentunya hal tersebut membuktikan bahwa sistem pendidikan pesantren tidak lekang oleh zaman. Sehingga bisa kita lihat saat ini pondok pesantren tetap eksis," ucapnya.

Untuk itu, Wapres meminta kepada civitas akademika Universitas Ibrahimy agar terus berinovasi dalam meningkatkan nilah-nilai moderasi kepada mahasiswanya. "Kampus ini harus mampu mengajarkan mahasiswanya untuk bersikap tasamuh dalam kehidupan sehari-hari. Seperti, bertoleransi, berempati dan bersosialisasi," terangnya.

Wapres juga mengajak kepada seluruh keluarga besar Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo agar membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona. "Saya minta semua pihak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dan menyegerakan vaksinasi,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wapres RI, KH Ma'ruf Amin, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Suhariyanto, Kapolda, Irjen Pol Nico Afinta, Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, KHR Ach Azaim Ibrahimy, Wakil Pengasuh, KH Afifuddin Muhajir, Nyai Hj Isya'iyah, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, Wabup, Nyai Hj Khoirani, Dandim 0823, Letkol Inf Neggy Kuntagina, Kapolres, AKBP Imam, Sekdakab, Syaifullah. (Humas).


Dibaca : 201X