HUT RI ke-76, Bung Karna Temui Napi di Rutan Kelas II B Situbondo yang dapat Remisi
17 Aug
HUT RI ke-76, Bung Karna Temui Napi di Rutan Kelas II B Situbondo yang dapat Remisi

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi menemui 5 narapidana (Napi) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Situbondo yang mendapatkan remisi atau pemotongan masa tahanan, dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, Selasa (17/8/2021). Tujuannya untuk menghadiri acara penyerahan surat keputusan (SK) remisi untuk mereka.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, total ada 84 Napi Rutan Kelas II B Situbondo yang mendapat remisi. Dari jumlah itu, 5 orang diantaranya langsung bebas. "Informasi yang saya dapat, ada 173 warga binaan di Rutan ini, dan itu diajukan semua ke Kemenkumham RI agar dapat remisi. Alhamdulillah yang lolos lumayan banyak (84 -red)," ucapnya.

Pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini berpesan kepada para Napi yang mendapat remisi tetap bersabar dan berkelakuan baik selama menjalani masa tahanan. "Bagaimanapun mereka adalah saudara kita. Semoga bisa mengambil hikmah dari apa yang dialami selama berada Rutan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas II B Situbondo, Tomi Elyus menjelaskan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh narapidana agar mendapat remisi. "Diantaranya, telah menjalani minimal enam bulan masa tahanan dan berperilakuan baik selama ada di Rutan," ucapnya.

Tomi Elyus menjelaskan, mayoritas warga binaan yang ada di Rutan Kelas II B Situbondo adalah kasus kriminal dan narkoba. "Akan tetapi kapasitas kita masih terbilang aman. Rutan ini (Kelas II B Situbondo -red) mampu menampung 200 Napi, tapi yang ada saat ini 173 Napi," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Situbondo Karna Suswandi, Ketua Tim Penggerak PKK Situbondo, Hj Juma'ati Karna Suswandi, Wabup, Nyai Hj Khoirani beserta sang suami KH Muhaimin Abdul Rozaq, Ketua DPRD, Edi Wahyudi, Karutan II B Situbondo Tomi Elyus, Kapolres AKBP, Imam Rifai, Dandim 0823, Letkol Inf Neggy Kuntagina, Kajari, Iwan Setiawan, Kepala Pengadilan Negeri, Achmad Sidqi Amsyah, Sekdakab, Syaifullah. (Humas).


Dibaca : 138X