HUT ke-74 Koperasi Indonesia, Pemkab Situbondo Salurkan 250 Paket Sembako kepada Masyarakat Terdampak PPKM Darurat
13 Jul
HUT ke-74 Koperasi Indonesia, Pemkab Situbondo Salurkan 250 Paket Sembako kepada Masyarakat Terdampak PPKM Darurat

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menyalurkan ratusan bantuan paket sembako kepada masyarakat terdampak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat Jawa dan Bali, Selasa (13/7/2021). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-74 Koperasi Indonesia, yang digelar di Pendopo Graha Amukti Praja.

"Untuk totalnya 250 paket sembako. Karena sekarang ini masih dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat Jawa dan Bali maka, kita serahkan secara simbolis kepada 30 pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan disekitar Alun-alun Situbondo," ujar Bupati Situbondo, Karna Suswandi.

Pria 54 tahun ini optimis, bantuan sembako tersebut bisa bermanfaat bagi PKL. Khususnya dalam situasi PPKM Darurat Jawa dan Bali saat ini. "Tolong jangan dilihat banyaknya (bantuan sembako -red) yang diberikan. Tetapi lihatlah kepedulian pemerintah daerah kepala rakyatnya," ucapnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengungkapkan, pihaknya juga akan menfasilitasi PKL untuk berjualan online. Sehingga mereka tetap bisa bekerja selama PPKM Darurat Jawa dan Bali. "Saya sudah instruksikan kepada Disperindagin untuk menyiapkan aplikasinya," tambahnya.

Bung Karna memaparkan, selama PPKM Darurat Jawa dan Bali pedagang tidak diperbolehkan melayani makan atau minum ditempat. "Terbaru itu, Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 19 tahun 2021. Tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat Darurat Covid-19 Jawa dan Bali," imbuhnya.

Ditempat yang sama, Subakti (55) pedagang air mineral di kawasan Alun-alun Situbondo menjelaskan, sejak diberlakukannya PPKM Darurat Jawa dan Bali, para PKL tidak bisa berjualan lagi. "Kita sampai kapan seperti ini (tidak bisa berjualan -red). Sudah sepekan lebih saya dan teman-teman ini berdiam diri di rumah. Kami juga punya keluarga yang butuh makan," pungkasnya. (Humas).


Dibaca : 101X