Harkitnas ke-114, Bung Karna : Ayo Bangkit Bersama Pulihkan Ekonomi
20 May
Harkitnas ke-114, Bung Karna : Ayo Bangkit Bersama Pulihkan Ekonomi

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114, Jumat (20/5/2022). Acara tersebut berlangsung di Halaman Belakang Pemkab Situbondo.

 

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini mengatakan, tema peringatan Harkitnas kali ini adalah ayo bangkit bersama. "Tema itu merupakan seruan agar kita bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda Indonesia dua tahun terakhir," ucapnya.

 

Lebih lanjut, pria asal Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa ini mengungkapkan, pandemi Covid-19 telah memporak-porandakan perekonomian Indonesia, termasuk Situbondo. "Dimana dua tahun terakhir ini masyarakat Situbondo dihantam pandemi Covid-19. Akibatnya perekonomian menjadi hancur. Alhamdulillah sekarang pandemi ini sudah bisa kita kendalikan, sehingga sekarang kita fokus pada pemulihan ekonomi," imbuhnya.

 

Menurut pria yang akrab disapa Bung Karna, penanganan Covid-19 di Situbondo sudah menunjukkan hasil yang positif. Hal itu ditandai dengan melandainya kurva penyebaran virus Corona di Kota Santri Pancasila.

 

"Data dari Satgas Covid-19 per hari Kamis, 19 Mei kemarin, kasus baru harian hanya 1 orang itupun juga menjadi satu-satunya kasus aktif di Situbondo. Ini adalah hasil kerja keras kita semua dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan," tegasnya.

 

Lebih jauh, orang nomor satu di Kota Santri Pancasila meminta kepada masyarakat Situbondo tetap waspada dan terus menerapkan protokol kesehatan. "Sesuai dengan arahan Bapak Presiden untuk di ruang terbuka diperbolehkan membuka masker, akan tetapi di tempat tertutup dan di dalam kendaraan umum harus memakai masker. Untuk masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi Covid-19, khususnya dosis kedua dan ketiga atau booster segera vaksin," tukasnya.

 

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Bung Karna menyampaikan, data dari BPS setempat, tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Situbondo menunjukkan angka positif. Yakni 3,26 persen, bila dibandingkan pada tahun 2020 yang minus 2,33 persen.

 

"Tahun 2020 di masa pandemi Covid-19 pertumbuhan ekonomi kita terkontraksi hingga minus 2,33. Tapi Alhamdulilah berkat kerja keras kita semua, pertumbuhan ekonomi sudah tumbuh positif diangkat 3,26 persen," tuturnya.

 

Bung Karna ini menjelaskan, di tahun yang sama, indeks kepuasan masyarakat (IKM) pada tahun 2021 mencapai 80,63 persen. "Tingkat kepuasan masyarakat kita juga mengalami kenaikan. Di tahun 2020 sebesar 76,66 persen. Sementara itu, tahun 2021 menjadi 80,63 persen," tutupnya. (Prokopim).


Dibaca : 232X