GOR Bung Karna Mulai Dibangun, Mampu Tampung 3 Ribu Penonton
19 Jun
GOR Bung Karna Mulai Dibangun, Mampu Tampung 3 Ribu Penonton

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi membuka ground breaking pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) Bung Karna, Rabu, 19 Juni 2024. Pembukaan tersebut ditandai dengan pemasangan tiang pancang oleh alat berat yang sudah dipersiapkan.

Dalam sambutannya, Bupati Karna mengatakan, untuk tahap pertama yakni pembangunan badan GOR Bung Karna. "Pembangunan GOR saat ini proses pemasangan tiang pancang, masing-masing tiang pancang memiliki ke dalaman 30 meter. Dan ditargetkan enam bulan sudah selesai," ujarnya.

GOR yang berlokasi di Lapangan Terminal Dusun Bataan, Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan ini, sambung Bupati Situbondo, berkapasitas 3 ribu penonton. "Pembangunan GOR ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Situbondo untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat agar bisa leluasa berolahraga. Mulai dari lari, voli, basket, bulu tangkis, kecuali sepakbola yang tidak bisa," tambahnya.

Mantan Kepala Dinas PUPP Lumajang ini menyampaikan, ke depan GOR Bung Karna diharapkan menjadi lokasi pertandingan olahraga tingkat nasional. "Pertadingan Pro Liga nanti juga bisa di sini. Karena GOR Bung Karna ini bukan GOR yang biasa-biasa saja tetapi GOR yang luar biasa," tegasnya.

Keberadaan GOR Bung Karna ini diharapkan juga bisa meningkatkan prestasi atlet-atlet Situbondo. "Dengan adanya GOR ini tentunya menjadi sarana prasarana pendukung dalam meningkatkan prestasi atlet-atlet kita, baik itu ditingkat provinsi maupun nasional bahkan internasional," beber Bupati Situbondo.

Keberadaan GOR Bung Karna ini juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar GOR. "Kalau sudah ada event yang diselenggarakan di GOR ini maka orang-orang dari luar kota bakal bermalam di Situbondo, beli makanan di Situbondo, beli oleh-oleh di Situbondo. Dengan begitu peredaran uang di Kabupaten Situbondo," tambah Bupati Situbondo.

Sementara itu, Plh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Permukiman (PUPP) Situbondo, Samsuri menjelaskan, GOR Bung Karna tersebut akan berdiri di lahan seluas 1,2 hektare. "Target pembangunan gedung utama GOR selesai pada akhir tahun 2024, sedangkan untuk landscape dan bisa digunakan pada pertengahan tahun 2025," ucapnya.

Di sisi lain, Anggota DPRD Situbondo, Janur Sasra Ananda mengungkapkan, keberadaan GOR Bung Karna ini akan berdampak positif terhadap peningkatan prestasi atlet. "GOR ini nanti bisa digunakan untuk berbagai kegiatan olahraga, misalnya bola basket, futsal, bola voli, bulutangkis. Sehingga GOR ini mendukung sekali untuk pembinaan atlet Situbondo," imbuhnya.

Untuk jangka panjang, kata legislator empat periode ini, lokasi GOR yang ada di Lapangan Terminal di Desa Kilensasi tersebut sangat ideal. "Kalau untuk perencanaan ke depan saya rasa sangat strategis. Karena di sekitar Kota Situbondo sudah padat. Dari sisi ekonomi juga bagus ya biar ada pemerataan ekonomi juga," tutup legislator berambut gondrong ini.

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 145X