Geografis Mendukung, Investor Jepang Tertarik Kerjasama Dengan Pemkab Situbondo Tanam Pohon Kaliandra
25 Feb
Geografis Mendukung, Investor Jepang Tertarik Kerjasama Dengan Pemkab Situbondo Tanam Pohon Kaliandra

SITUBONDO - Investor Jepang beberapa hari berada di Situbondo untuk memantau pertumbuhan pohon kaliandra di wilayah setempat. Tujuannya menjajaki kerjasama budidaya tanaman tersebut.

Investor Jepang, Hayashi San menjelaskan, pihaknya berminat membudidayakan pohon kaliandra di Kota Santri Pancasila. Yang nantinya digunakan sebagai bahan energi pengganti batubara di Negara Sakura tersebut.

“Pemerintah Jepang akan mengganti 40 persen batubara dengan pohon kaliandra sebagai bahan energi di tahun 2030. Bahkan tahun 2050, 100 persen kita tidak lagi menggunakan batubara sebagai bahan energi. Dan kami ganti dengan pohon kaliandra ini,” ucapnya di Pendopo Graha Amukti Praja, Jumat (25/2/2022).

Hayashi mengakui, dirinya banyak menjumpai pohon kaliandra tumbuh subur di kawasan Sitibondo. “Mulai dari wilayah Banongan hingga Kayumas, itu cocok ditanami tumbuhan tersebut. Namun sayangnya masih banyak lahan masyarakat yang belum ditanami pohon kaliandra,” tegasnya.

Lebih lanjut, Hayashi mengungkapkan, tanaman kaliandra memiliki kelebihan. Yakni masa panen yang hanya setahun. “Sehingga ini sangat mendukung untuk dijadikan sebagai energi pengganti batubara,” tukasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Situbondo, Karna Suswandi berharap, Investor Jepang bisa secepatnya berinvestasi dibudidaya pohon kaliandra. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Santri Pancasila.

“Mereka tadi sudah membawa tanah disini, untuk diteliti. Insya Allah secepatnya akan bekerjasama dengan kita,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini menjelaskan, pohon kaliandra bisa tumbuh subur di lahan kurang produktif. “Intinya kita siap menyiapkan berapa luas lahan yang mereka butuhkan. Banyak lahan kita di wilayah pegunungan,” tutupnya. (Humas & Protokol).


Dibaca : 101X