Gelar Rakor Persiapan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Tahun 2022, ini Pesan Bung Karna
12 Jan
Gelar Rakor Persiapan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Tahun 2022, ini Pesan Bung Karna

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi memimpin langsung rapat koordinasi (Rakor) persiapan penyaluran pupuk bersubsidi dengan jajaran penyuluh pertanian lapangan (PPL), gabungan kelompok tani (Gapoktan), kios resmi pengecer pupuk dan distributor pupuk se-Situbondo, Rabu (12/1/2022). Kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo Graha Amukti Praja.

Orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini berpesan, kepada para Gapoktan untuk memberikan edukasi kepada para petani, terutama terkait penggunaan pupuk secara berimbang.

"Sehingga nantinya tidak ada lagi kelangkaan pupuk urea bersubsidi di Situbondo," ucap bupati dalam sambutannya.

Pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini mengungkapkan, dirinya juga meminta kepada para Gapoktan untuk menggali potensi di wilayah masing-masing. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani dan membuat klasterisasi pertanian di tiap kecamatan.

"Apalagi dengan adanya Pelabuhan Jangkar yang sudah melayani trayek angkutan penyebrangan ke wilayah Indonesia bagian timur. Sehingga hasil pertanian kita bisa dijual luar Jawa dengan harga yang mahal," bebernya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini menegaskan, pihak tidak segan-segan melapor oknum-oknum yang kedapatan menjual pupuk bersubsidi ke luar wilayah Situbondo. "Saya tidak mengecam anda, tapi bila ada yang seperti itu, maka saya laporkan ke pihak berwajib," tukasnya.

Bung Karna menyampaikan, pihaknya siap melakukan penambahan jumlah PPL sesuai dengan desa dan kelurahan yang ada di Kota Santri Pancasila. "Karena Pak Hariyadi bilang ke saya kalau Dinas Pertanian kekurangan PPL," tambahnya.

Mantan Kadis PUPR Bondowoso ini menjelaskan, pembagian pupuk urea gratis kepada para petani tahun anggaran 2022 juga akan segera dilakukan. "Insya Allah bulan 3 atau 4 sudah kita mulai," pungkasnya. (Humas & Protokol).


Dibaca : 112X