Gelar Pasar Dadakan Ramadhan, Bupati Situbondo : Saya Optimis Perputaran Uangnya Bisa Ratusan Juta
04 Apr
Gelar Pasar Dadakan Ramadhan, Bupati Situbondo : Saya Optimis Perputaran Uangnya Bisa Ratusan Juta

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) setempat menggelar pasar dadakan Ramadhan 1443 H / 2022 M, Senin (4/4/2022). Acara itu berlangsung di sepanjang Jalan Irian Jaya.

Dalam sambutannya, Bupati Situbondo, Karna Suswandi optimis perputaran uang di kegiatan tersebut bisa mencapai Rp150 juta per hari. “Seperti laporan CFD kemarin, bahwa perputaran uangnya bisa sampai Rp150 juta, begitu juga dengan disini. Bayangkan saja bila pasar dadakan Ramadhan ini digelar 10 hari bisa menyentuh Rp1,5 miliar,” ucap Bupati.

Selain itu, pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengapresiasi acara yang digelar oleh Diskoperindag Situbondo ini. “Alhamdulillah ini adalah terobosan dari Pak Kadis untuk membangkitkan perekonomian masyarakat ditengah pandemi Covid-19 yang belum usai,” imbuhnya.

Lebih lanjut, pria asal Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa ini meminta kepada Kadiskoperindag Situbondo, untuk tidak menyekat pintu masuk ke pasar dadakan Ramadhan. “Saya minta tolong dievaluasi ya Pak Kadis. Kalau jalannya langsung ditutup seperti itu, maka pengunjung akan berjubel disana (pintu masuk -red). Bisa-bisa pengunjungnya ini tidak maksimal,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Kadiskoperindag Situbondo, Nugroho menyampaikan, tujuannya adanya pasar dadakan Ramadhan tersebut yakni, untuk menawarkan berbagai macam menu berbuka puasa kepada warga dan memulihkan ekonomi rakyat yang terpuruk akibat badai pandemi Covid-19.

“Ini usaha kita agar perekonomian warga bisa pulih kembali setelah sekian lama dihantam pandemi Covid-19,” terangnya.

Nugroho menuturkan, pasar dadakan Ramadhan itu diselenggarakan mulai tanggal 4 hingga 13 April 2022. “Kurang lebih selama 10 hari, terhitung mulai hari ini (Senin -red). Untuk waktunya, sejak pukul 15.00 sampai 20.00 WIB,” tegasnya.

Lebih jauh, Nugroho menjelaskan, total ada 165 pedagang lapak yang berjualan di pasar dadakan Ramadhan ini. “Mayoritas mereka adalah yang mengikuti CFD kemarin,” pungkasnya.

Nugroho menambahkan, selain menjual berbagai macau menu berbuka puasa, acara itu juga menghadikan hiburan musik gambus, sembako murah, lomba menyanyikan lagu religi dan pemilihan dai cilik.

“Semoga kegiatan tersebut bisa memberikan hiburan kepada masyarakat di masa pandemi Covid-19 yang masih belum usai,” tutupnya.

Setelah membuka pasar dadakan Ramadhan itu, Bupati Situbondo beserta rombongan mengunjungi stan para pedagang. Mereka terlihat berbincang dengan pedagang sambil membeli dagangannya.

Hadir dalam acara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, Wabup, Nyai Hj Khoirani, Ketua TP-PKK, Hj Juma’ati Karna Suswandi, Kapolres, AKBP Andi Sinjaya, Dandim 0823, Neggi Kuntagina, Kajari, Nauli Rahim Sirregar, Sekdakab, Syaifullah, dan jajaran Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo. (Prokopim).


Dibaca : 382X