Dukung Sehati, Bung Karna Minta Kades Pastikan Masyarakat Miskin Masuk DTKS
27 Apr
Dukung Sehati, Bung Karna Minta Kades Pastikan Masyarakat Miskin Masuk DTKS

SITUBONDO - Guna mendukung program sehat gratis (Sehati), Bupati Situbondo, Karna Suswandi meminta kepada kepala desa (Kades) untuk memastikan masyarakat miskin yang ada di Kota Santri Pancasila masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kemensos RI.

"Program Sehati sebentar lagi bisa dinikmati oleh masyarakat kurang mampu. Untuk itu saya meminta kepada Kades untuk memperbarui DTKS," ucapnya, Selasa (27/4/2021).

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, DTKS mulai bisa diperbarui pada bulan Mei. "Kita mulai pada bulan depan. Untuk itu saya minta Kades segera menyiapkan petugas lapangannya," ujarnya.

Guna mempercepat proses pendataan, Bung Karna meminta pendamping program keluarga harapan (PKH) untuk membantu pemerintah desa (Pemdes) dalam memperbarui DTKS. Sehingga, diperoleh data yang akurat.

"PKH tolong dibantu para Kades untuk mengupdate DKTS. Jadi nanti menghasilkan data yang valid," tegasnya.

Mantan Kadis PUPR Lumajang ini mengungkapkan, Pemkab Situbondo memakai DTKS sebagai data tunggal untuk pelaksanaan program kerja mulai dari dibanding kesehatan, kesejahteraan masyarakat, pendidikan hingga pembangunan infrastruktur.

"Untuk mewujudkan Situbondo Berjaya (berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya), kami hanya percaya satu data yaitu DTKS," pungkasnya.

Untuk diketahui ramadan bersama rakyat hari ke 11 Bupati Situbondo, Karna Suswandi dan Wakil Bupati Nyai Hj Khoirani mengujungi 8 desa yang ada di Kecamatan Suboh dan Besuki. Yakni, Desa Gunung Putri, Mojodungkol, Gunung Malang, Dawuhan, Buduan, Suboh, Ketah dan Demung. (Humas).


Dibaca : 92X