Dukung Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca, Bupati Situbondo Tanam Ratusan Pohon di Wisata Bukit Cip
05 Oct
Dukung Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca, Bupati Situbondo Tanam Ratusan Pohon di Wisata Bukit Cip

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi, dan pimpinan cabang perbankan di Kota Santri Pancasila melakukan penanaman ratusan pohon, Rabu (5/10/2022). Acara tersebut berlangsung di Wisata Bukit Cip, Desa Curah Cotok, Kecamatan Kapongan.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, penanaman ratusan pohon tersebut bertujuan untuk penghijauan di bukit-bukit dan tempat wisata yang ada di Situbondo. "Ada sekitar 200 pohon buah yang ditanam. Mulai dari kelengkeng, mangga dan alpukat," beber Bupati 55 tahun ini.

Selain di lokasi itu, penanam pohon juga dilakukan di Desa Trigonco, Banyuputih dan Telempong. "Untuk jumlahnya sama. Yakni 200 pohon buah kelengkeng, mangga dan alpukat. Jadi total ada 800 bibit pohon," tambah Bung Karna.

Secara khusus, pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini meminta kepada Plt Kepala DLH Situbondo, Samsuri, untuk memberikan bantuan ratusan pohon sawo kecik kepada pengelola Wisata Bukit Cip. "Saya ingin itu ditanam di sepanjang jalan masuk Wisata Bukit Cip. Sehingga area ini bisa sejuk," tegasnya.

Bung Karna menerangkan, dengan penanaman pohon ini bisa menurunkan emisi gas rumah kaca hingga 23 persen. "Sehingga udara bisa semakin sehat dan sejuk untuk kita hirup," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Pimpinan Cabang Bank BRI Situbondo, Edi Haryadi, menjelaskan, acara penanaman pohon tersebut dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. "Total ada 1,7 juta lebih bibit pohon produktif yang akan ditanam hingga tahun 2023. Khusus untuk Kabupaten Situbondo ada 800 pohon buah-buahan," imbuhnya.

Edi optimis, bibit tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik. "Tahun depan (2023 -red) saya ingin ada lebih dari empat Desa Brilian. Kami juga memberikan bantuan bibit tanaman buah kepada pelaku UMKM yang mencarikan kredit KUR nya di Bank BRI," pungkasnya. (Prokopim)


Dibaca : 54X