Ciptakan Bibit Padi Unggul, Pemkab Situbondo Gandeng Kementerian Pertanian
11 Jan
Ciptakan Bibit Padi Unggul, Pemkab Situbondo Gandeng Kementerian Pertanian

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggandeng Tim Balai Besar Penelitian Padi (BBPadi) - Balitbang Kementerian Pertanian (Kementan) RI di Subang, Jawa Barat untuk menciptakan bibit padi varietas unggul. Nantinya bibit padi tersebut diberi nama BK Situbondo.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengungkapkan, pihaknya tenga melakukan uji coba penanaman bibit padi calon VUB (varietas unggul baru). "Ini kita tanam di lahan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Desa/Kecamatan Kapongan," ucapnya, Selasa (11/1/2022).

Bupati 54 tahun ini menjelaskan, bibit padi calon VUB itu ditanam sebanyak 19 jalur. "Nantinya dari 19 jalur tersebut, kita pilih yang terbaik untuk dijadikan bibit padi unggul di Situbondo," tegasnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan, Pemkab Situbondo memang sudah melakukan uji coba bibit padi BK 700 dan BK 900. "Hasilnya memang maksimal. Namun bibit tersebut masih belum tahan terhadap penyakit penggerek batang," bebernya.

Bung Karna mengatakan, bibit padi BK Situbondo bisa meningkatkan produktivitas pertanian. "Dengan begitu, pendapatan petani padi akan meningkat dan kesejahteraan mereka juga semakin membaik," pungkasnya.

Bung Karna menjelaskan, Pemkab Situbondo berencana membuat badan usaha milik daerah (BUMD) yang nantinya bertugas membeli hasil panen petani dari bibit padi BK Situbondo.

"Saya mulai dari PNS dulu agar mereka mengkonsumsi beras ini. Nantinya BUMD tersebut hanya membeli hasil panen petani dari bibit padi BK Situbondo," tukasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Situbondo, Haryadi Tejho Laksono menuturkan, total lahan yang digunakan untuk uji coba bibit padi BK Situbondo sebanyak 0,7 Hektare. "Insya Allah dalam 1 Hektare bisa menghasilkan padi sebanyak 6 hingga 7 Ton," pungkasnya. (Humas & Protokol).


Dibaca : 91X