Cara Unik Bupati Situbondo dan Sang Istri Sukseskan Vaksinasi Covid-19 Hingga ke Pelosok Desa
09 Aug
Cara Unik Bupati Situbondo dan Sang Istri Sukseskan Vaksinasi Covid-19 Hingga ke Pelosok Desa

SITUBONDO - Bupati Situbondo Karna Suswandi beserta sang istri Hj Juma'ati Karna Suswandi memiliki cara unik untuk mensukseskan vaksinasi masal Covid-19 di Kota Santri. Yaitu, dengan melakukan silahturahmi ke pondok pesantren (Ponpes) dan panti asuhan.

Hingga hari keempat total sudah ada 40 lembaga yang sudah dikunjungi, terdiri dari 27 Ponpes dan 13 panti asuhan. Dalam kegiatan tersebut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini juga memberikan paket sembako kepada kedua lembaga tersebut serta kaum duafa. 

"Kegiatan saya adalah silahturahmi dengan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk memberikan bantuan sembako dan mensosialisasikan vaksinasi Covid-19," ujarnya, Senin (9/8/2021).

Lebih lanjut, pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini mengatakan, cakupan vaksinasi masal Covid-19 di Kota Santri terbilang masih rendah. "Sampai tanggal 1 Agustus kemarin, untuk yang dosis 1 hanya diangka 9 persenan. Kemudian yang dosis 2 baru sekitar 4 persen saja dari 500 ribu lebih penduduk Situbondo," tegasnya.

Bung Karna menjelaskan, dampak dari rendahnya partisipasi masyarakat untuk mengikuti vaksinasi masal Covid-19, mengakibatkan tingginya angka kematian akibat virus mematikan ini. "Hingga tanggal 1 Agustus, ada 700 orang yang meninggal akibat virus Corona. 689 diantaranya belum divaksin dan hanya 11 yang sudah divaksin. Itu artinya, pasien Covid-19 yang sudah divaksin lebih mudah untuk disembuhkan," imbuhnya.

Untuk itu, Bung Karna berharap pengasuh dan santri untuk Pondok membantu pemerintah daerah dalam mensukseskan program vaksinasi masal Covid-19 di Situbondo. "Begitupun dengan pantai asuhan bantu kami agar masyarakat ini tidak ragu lagi untuk mengikuti vaksinasi," pungkasnya.

Bung Karna menerangkan, vaksinasi masal Covid-19 adalah cara pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. "Yakinlah tidak ada niat pemerintah untuk menyengsarakan rakyatnya. Saya tegaskan vaksin ini aman dan halal untuk digunakan," tutupnya.

Di hari keempat, ada enam Ponpes yang dikunjungi Bung Karna dan sang istri antara lain, Ponpes Nurul Imam, Ponpes Nurul Islam, Ponpes Nurul Huda, Ponpes Nurul Hikmah, Ponpes Fathus Salafi dan Ponpes Nurul Arifin. Sementara itu, untuk panti asuhan ada empat diantaranya, Pantai Asuhan Baitur Rahma, Tunas Melati, Masyakatul Ulum dan Al-Maimunah.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, Ketua Tim Penggerak PKK Situbondo, Hj Juma'ati Karna Suswandi, Staf Bagian Administrasi dan Kesra, Purnomo dan tiga orang Pengurus Tim Penggerak PKK Situbondo. (Humas).


Dibaca : 89X