Capaian Vaksinasi Covid-19 Tinggi, Sepuluh Desa di Situbondo Dapat DID dan BKK
11 Oct
Capaian Vaksinasi Covid-19 Tinggi, Sepuluh Desa di Situbondo Dapat DID dan BKK

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo memberikan reward kepada sepuluh desa yang capaian vaksinasi Covid-19 tertinggi. Bonus tersebut berupa dana insentif desa (DID) dan bantuan keuangan khusus (BKK)

 

Reward itu diserahkan langsung oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi, di Pendopo Aryo Situbondo, Selasa (11/10/2022).

 

Lima desa penerima DID adalah Siliwung, Juglangan dan Tokelan, Kecamatan Panji; Tepos dan Telempong, Kecamatan Banyuglugur. "Masing-masing mendapat reward sebesar Rp50 juta," ucap Bupati 55 tahun ini.

 

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan, lima desa penerima BKK antara lain Trigonco, Gudang Awar-awar, Parante, Kecamatan Asembagus; Bloro Kecamatan Besuki. "Masing-masing mendapat reward Rp100 juta," bebernya.

 

Orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini menjelaskan, reward itu sebagai bentuk apresiasi Pemkab Situbondo kepada Pemdes yang capaian vaksinasi Covid-19 tertinggi.

 

Reward tersebut dibagi menjadi dua kriteria. Yakni penerima DID diperuntukkan bagi para Kades yang penduduknya di bawah tiga ribu. Kemudian untuk BKK diberikan kepada Kades yang penduduknya lebih dari tiga ribu.

 

“Jadi Pak Kades-kades bisa bersyukurlah. Gunakan dana ini untuk pembangunan di desanya," bebernya. 

 

Lebih jauh, Bung Karna mengungkapkan, pada tahun 2023, kriteria penerima DID dan BKK adalah tepat waktu dalam penetapan APBDes dan pelunasan PBB. 

 

"Karena ini reward sebagai bagian tugas pembantuan yang diberikan oleh Pemkab Situbondo. Kami akan segera mensosialisasikan ini kepada Pemdes se-Kabupaten Situbondo," pungkasnya. (Prokopim)


Dibaca : 83X