Bupati Situbondo Pantau Pengaspalan Jalan di Desa Jatisari
16 Jun
Bupati Situbondo Pantau Pengaspalan Jalan di Desa Jatisari

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi memantau langsung pelaksanaan uji coba pengaspalan jalan di Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa, Rabu (16/6/2021. Kegiatan tersebut dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa aspal hotmix sebagai syarat bisa ambil bagian dalam kegiatan proyek infrastruktur jalan di Kota Santri.

"Ini merupakan trial aspal hotmix, kita pantau mulai dari ketebalan aspal, kandungan hingga peralatannya," ujar bupati.

Mantan Kadis PUPR Bondowoso ini mengatakan, kegiatan hotmix tidak menggunakan APBD. "Ini murni menggunakan data perusahaan hotmix," tegasnya.

Lebih lanjut, pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini mengungkapkan, panjang jalan yang dilakukan pengaspalan sekitar 300 Meter. "Terbagi kedalam tiga titik. Dua titik di Curah Tatal dan satu titik di Jatisari," ucapnya.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini menjelaskan, kegiatan pengaspalan tersebut dapat menghemat APBD hingga Rp. 600 juta. "Satu titiknya itu menelan biaya mencapai Rp200 juta," paparnya.

Dari hasil peninjauan pelaksanaan uji coba pengaspalan jalan tersebut, kandungan aspal, panas aspal, ketebalan dan hasil gilas aspal dinilai sudah memenuhi syarat. "Alhamdulillah kita lihat bersama kandungan asalnya 96 persen, suhunya 130 derajat dan setelah digilas juga ketebala aspalnya mencapai 4 Centimeter" pungkasnya. (Humas).


Dibaca : 187X