Bupati Situbondo Pantau Pembenihan Padi BK di Pantai Banongan
24 Feb
Bupati Situbondo Pantau Pembenihan Padi BK di Pantai Banongan

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi bersama Sekda Wawan Setiawan serta kepala OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo memantau pembibitan padi BK 01 dan 02 agritan di lahan persawahan di Pantai Banongan, Kecamatan Asembagus, Sabtu, 24 Februari 2024.

Sesampainya di lokasi, pria yang akrab disapa Bung Karna ini turun langsung ke sawah untuk menyemai pupuk ke benih padi BK 01 dan 02 agritan yang baru ditanam tersebut.

Bung Karna mengatakan, di Pantai Banongan ini ada sekitar 10 hektare lahan persawahan yang dijadikan pembibitan padi BK 01 dan 02 agritan. "Dan itu diperkirakan nantinya akan menghasilkan bibit padi BK sebanyak 50 ton," ucapnya.

Khusus untuk pembibitan ini, lanjut Bung Karna, hasilnya memang tidak terlalu banyak bila dibandingkan dengan padi BK untuk produksi. "Tetapi kita berharap untuk pembibitan ini akan menghasilkan bibit padi BK yang unggul. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh para petani," imbuhnya.

Bupati 57 tahun ini mengaku pembibitan padi BK saat ini masih belum bisa memenuhi kebutuhan semua petani di Kabupaten Situbondo. "Oleh karena itu, berbagai jalan kita tempuh. Baik itu melalui kerjasama dengan pihak ketiga maupun upaya-upaya kerjasama dengan kelompok tani yang ada," terangnya.

Pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini berkomitmen untuk terus menggenjot produksi benih padi BK. Sebab, bibit padi tersebut banyak peminatnya. Salah satunya, Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

"Kementerian Pertanian dalam hal ini meminta kita berapapun benih padi BK yang dihasilkan oleh kita, maka Kementan akan membeli untuk disebar luaskan ke seluruh wilayah Indonesia. Oleh karena itu, kita prioritaskan bagaimana bibit ini merata di Situbondo dulu. Kita harus menjadi tuan rumah dari bibit padi BK ini sendiri," tegasnya.

Bung Karna membeberkan, Pemkab Situbondo memiliki stok bibit padi BK hingga 15 ton. Jumlah tersebut nantinya akan disebar luaskan ke 17 kecamatan yang ada di Kota Santri Pancasila. "Kemarin ada tiga kecamatan yang menyiapkan lahan persawahan sampai 20 hektare untuk ditanami padi BK ini dan itu kita setujui," pungkasnya.

Selain di Pantai Banongan, lanjut Bung Karna, pembibitan padi BK juga dilakukan di wilayah Kapongan dan Desa Gelung. "Secara bertahap tentunyan pembibitan padi BK ini akan kita sebar luaskan ke berbagai kecamatan," tutupnya.

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 847X