Bupati Situbondo Jadi Pemateri Semnas Fisipol Unars
27 Jun
Bupati Situbondo Jadi Pemateri Semnas Fisipol Unars

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi menjadi pemateri Seminar Nasional (Semnas) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Abdurachman Saleh Situbondo (Unars), Kamis, 27 Juni 2024. Kegiatan yang berlangsung di Pendapa Arya Situbondo ini mengusung tema "Isu dan Kebijakan Desentralisasi Pemerintah Kabupaten Situbondo Dalam Mendukung Kualitas Pendidikan Perguruan Tinggi".

Dalam kesempatan itu, Bupati 57 tahun ini menyampaikan materi tentang Kebijakan dan Desentralisasi Menuju Situbondo Berjaya.

Di hadapan 480 mahasiswa yang hadir secara langsung baik langsung daring, pria yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan berbagai keberhasilan pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Situbondo di masa kepemimpinannya dengan Nyai. Khoirani.

Mulai dari pembukaan akses jalan Merak-Baluran, pembukaan rute Jangkar-Lembar di Pelabuhan Jangka, hingga pembangunan GOR di Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan. "Itu semua kami lakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan prestasi atlet-atlet Situbondo di kancah regional hingga internasional," ujarnya.

Bung Karna melanjutkan, Pemkab Situbondo juga mempunyai program unggulan di bidang kesehatan, yakni Sehati (Situbondo Sehat Gratis). Di mana dengan program ini masyarakat Situbondo hanya dengan menunjukkan E-KTP. "Kemudian kami juga memberikan insentif kepada guru ngaji, guru minggu sebesar Rp2 juta per tahun, dan insentif kepada kader posyandu, kader lansia, dan kader KB. Kami juga menaikkan honor guru PAUD sebesar Rp350 ribu per bulan. Ini semua kami lakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," tegasnya.

Sementara itu, Rektor Unars Muhammad Yusuf Ibrahim menjelaskan, tujuan dari Semnas ini agar mahasiswa Fisipol mengetahui berbagai kebijakan pemerintah daerah. "Dengan adanya sistem otonomi daerah, yaitu desentralisasi maka kebijakan di setiap daerah itu berbeda-beda," ucapnya.


(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 68X