Bupati Situbondo Jadi Inspektur Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78
17 Aug
Bupati Situbondo Jadi Inspektur Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi menjadi Inspektur Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Kamis (17/8/2023). Acara tersebut berlangsung di Alun-Alun Situbondo. 

 

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan, tepat 78 tahun yang lalu atas perjuangan panjang para pahlawan yang ditandai dengan lahirnya bangsa Indonesia dan dikirbarkannya bendera merah putih secara resmi. 

 

"Banyak kejadian heroik yang terjadi pada perang kemerdekan, namun kita tetap bersemangat untuk mempertahankan kemerdekaan dengan menjaga persatuan dan kesatuan," ujarnya.

 

Bung Karna melanjutkan, para anak bangsa telah menorehkan tinta sejarah bahwa kemerdekaan tidak hanya melalui mengangkat senjata dan perang, akan tetapi melalui prestasi, karya, cipta dan inovasi serta dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

 

"Telah banyak karya anak bangsa yang diakui dunia pada berbagai bidang. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan tanpa membeda-bedakan suku, agama, warna kulit dan ras. Jauhilah segala kebencian, hoax, isu radikalisme dan terorisme yang sering dihembuskan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dan dapat memecah belah bangsa," tambah Bupati Situbondo.

 

Tahun ini 2023, kata Bung Karna, merupakan tahun politik yang sedang hangat-hangatnya. Jadikan momentum ini sebagai ajang silaturahmi komunikasi yang intens, karena masih banyak program yang belum selesai.

 

 

"Mari kita bersama dan bergotong royong yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia. Kemerdekaan adalah hak bagi setiap negara. Jika kita ingat lagi pada tanggal 17 Agustus 1945, ada suatu momen yang sangat dinanti-nantikan oleh seluruh rakyat Indonesia. Yaitu Kemerdekaan Republik Indonesia. Setelah puluhan tahun berjuang, proklamasi kemerdekaan Indonesia pada pukul 10.17 WIB. Pada momen bersejarah itu, rakyat Indonesia memdeklarasikan diri kemerdekaannya dihadapan dunia," tegasnya. 

 

Bupati 57 tahun ini mengajak, masyarakat untuk mengisi Kemerdekaan Indonesia dengan nilai-nilai dan kontribusi yang positif, prestasi, juga karya-karya yang bisa membawa nama bangsa ke kancah dunia. 

 

"Pada hari bersejarah ini, mari kita rayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun dengan sukacita. Mari bersama-sama kita membangun Kabupaten Situbondo yang lebih kuat, maju dan makmur dalam rangka untuk mewujudkan Situbondo Berjaya (berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya)," ujar Bupati Situbondo. 

 

Pada kesempatan itu juga, pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini mengajak masyarakat untuk bersama-sama dan bekerja keras dalam membangun Kabupaten Situbondo. 

 

"Sebagaimana yang telah diamanatkan dalam RPJMD Kabupaten Situbondo Tahun 2021-2026, mari kita bangun keberdamaan dan jangan berjalan sendiri-sendiri untuk membangun situbondo yang kita cinta ini, karena tanpa kebersamaan dan dukungan seluruh masyarakat dan seluruh stakeholder yang ada kita tidak akan bisa mencapai tujuan tersebut," pungkasnya. 

 

Lebih jauh, Bung Karna juga mengajak masyarakat untuk meneladani nilai perjuangan para pahlawan sebagai landasan semangat nasionalisme yang harus dilestarikan. 

 

"Selain itu, mari kita tingkatkan prestasi dalam membangun Kabupaten Situbondo untuk lebih mensejahterakan masyarakat. Dan mari kita wujudkan generasi muda yang kreatif, inovatif, serta bebas narkoba dan minuman keras sebagai generasi penerus bangsa yang ulet dan handal," tutup Bupati Situbondo. 

 

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 168X