Bupati Situbondo dan Perum Bulog Bondowoso Monitoring Penyaluran Beras Bantuan Pangan
23 Dec
Bupati Situbondo dan Perum Bulog Bondowoso Monitoring Penyaluran Beras Bantuan Pangan

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi dan Pimpinan Perum Bulog Kancab Bondowoso, Hesty Retno Kusumastuti melakukan Monitoring dan Evaluasi Penyaluran Beras Bantuan Pangan Tahun 2023, Sabtu (23/12/2023). 

 

Kegiatan tersebut berlangsung di dua lokasi. Yakni di Desa Tanjung Kamal, Kecamatan Mangaran dan Desa Gebangan, Kecamatan Kapongan. 

 

Dalam sambutannya, Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, bantuan beras tersebut sangat dirasakan manfaatnya oleh keluarga penerima manfaat (KPM). 

 

"Beras bantuan pangan ini meringankan pengeluaran uang belanjanya bapak-ibu sekalian.Yang biasa masih beli beras, sekarang tinggal beli lauk-pauknya," ujarnya disambut riuh tepuk tangan KPM penerima bantuan. 

 

Lebih lanjut, Bung Karna menyampaikan, dengan adanya beras bantuan pangan ini juga bisa menekankan laju kenaikan harga beras. Sehingga inflasi daerah juga terkendali dengan baik. 

 

"Karena kalau harga beras naik, maka inflasi juga ikut naik. Harga-harga kebutuhan pokok yang lain juga ikut naik. Kalau semua harga kebutuhan pokok naik, daya beli masyarakat akan menurun," tegasnya. 

 

Pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini berpesan kepada para KPM untuk tidak melihat banyak sedikitnya beras yang diberikan. "Akan tetapi bapak-ibu sekalian lihatlah ini sebagai kepedulian pemerintah dan Bulog. Karena bantuan beras ini menunjukkan kepedulian pemerintah dan Bulog kepada bapak-ibu sekalian," bebernya. 

 

Sementara itu, Pimpinan Perum Bulog Kancab Bondowoso, Hesty Retno Kusumastuti menjelaskan, perusahaan plat merah yang ia pimpin telah menyalurkan beras sebanyak 769.230 kilogram per-bulan untuk bantuan program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) yang mencakup 17 Kecamatan di Situbondo. 

 

"Beras sebanyak itu untuk 76.923 keluarga penerima manfaat atau KPM. Dan alhamdulillah penyaluran bantuan beras untuk alokasi bulan Desember 2023 sudah mencapai 100 persen," ucapnya. 

 

Menurutnya, jenis beras yang disalurkan pada program CPP ini adalah beras medium. "Tiap KPM mendapat 10 kilogram beras per-alokasi," pungkas Hesty. 

 

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 1155X