Bupati Situbondo Ceritakan Pengalaman Saat Menjalankan Ibadah Haji
19 Jul
Bupati Situbondo Ceritakan Pengalaman Saat Menjalankan Ibadah Haji

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi beserta sang istri Hj. Juma'ati Karna Suswandi tiba di Pendopo Aryo Situbondo seusai menjalankan rangkaian ibadah haji, Selasa (19/7/2022). Kedatangan orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini didambakan meriah oleh jajanan OPD serta masyarakat.

 

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini menceritakan pengalamannya saat menjalankan ibadah haji. "Sesampainya rombongan kami di Mekkah, ternyata belum tidak ada orang masih (jamaah haji -red). Jemaah haji yang di Madinah belum kembali, yang dari Indonesia belum datang. Selama seminggu masih sepi," ucapnya.

 

Lebih lanjut, Bung Karna mengatakan, suhu udara di Mekkah sangat panas. Yakni sampai 48 derajat celcius. "Saya kalau siang sampai shalat ashar di hotel. Tetapi setelah itu baru keluar," tambahnya.

 

Orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini mengungkapkan, setiap malam Jumat, rombongannya selalu melakukan istighosah di Mekkah. "Terus kami melakukan evaluasi setiap kegiatan yang telah dilakukan," imbuhnya.

 

Bung Karna menyampaikan, selama di tanah suci dirinya mengaku menjalankan ibadah umroh sebanyak 6 kali. "Baru kurang lima hari, kami tidak boleh keluar ke mana-mana. Karena untuk mempersiapkan Wukuf di Arafah. Alhamdulillah bisa berjalan dengan baik," tegasnya.

 

Saat di Arofah, Bung Karna lebih banyak menghabiskan waktunya di hotel. "Hanya duduk manis dan keluar saat ngambil wudhu saja," pungkasnya.

 

Untuk makanan yang disajikan adalah dengan menu-menu masakan Indonesia. "Kemudian untuk transportasi juga sangat baik. Kami mau ke mana itu mesti diantarkan," tutupnya. (Prokopim)


Dibaca : 52X