Bupati Situbondo Buka Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi
22 Apr
Bupati Situbondo Buka Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi

SITUBONDO - Pemkab Situbondo melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) menggelar pelatihan kerja berbasis kompetensi. Pelatihan tersebut diikuti oleh 172 peserta. 

 

Bupati Situbondo, Karna Suswandi yang membuka acara tersebut berharap para peserta bisa sungguh-sungguh mengikuti pelatihan kerja ini. Sehingga ketika mereka selesai mengikuti pelatihan kerja bisa mempunyai soft skil sebagai modal untuk bekerja atau bahkan berwirausaha. 

 

"Tadi saya juga minta kepada Pak Kadis Ketenagakerjaan supaya menfasilitasi para peserta pelatihan kerja ini. Seperti menyambungkan ke perbankan agar mereka yang punya kemauan untuk berwirausaha bisa memperoleh modal usaha," ujarnya. 

 

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini optimis para peserta pelatihan kerja nantinya bisa menjadi pengusaha baru di Kota Santri Pancasila. "Sehingga mereka mampu menyerap tenaga kerja yang ada di Kabupaten Situbondo. Dengan begitu angka pengangguran terbuka kita semakin menurun," tegasnya. 

 

Sementara itu, Kepala Disnaker Kabupaten Situbondo, Kholil menjelaskan, ada 10 jenis kompetensi pelatihan kerja berbasis kompetensi. Yakni pelatihan memasak 2, prosesing kue, memasak 1, mengemudi, barista, pertukangan, menjahit, marketing, sablon, dan las roda tiga. "Lama pelatihannya 16 hari," ucapnya. 

 

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo ini mengungkapkan, ada tiga jenis pelatihan kerja yang paling banyak diminta oleh peserta. Yaitu pelatihan mengemudi, barista serta menjahit. 

 

"Pesertanya ini mengikuti seleksi yang kita selenggarakan melalui seleksi dan wawancara minat dan bakat. Hasilnya 172 peserta ini," imbuhnya. 

 

Di tempat yang sama, salah satu peserta pelatihan kerja, Idris Hasyim mengaku, ia memilih pelatihan kerja las roda tiga. "Saya kebetulan memang suka ngelas. Semoga saya bisa belajar banyak di pelatihan kerja ini," tuturnya. 

 

Ia berharap, Disnaker bisa membuka seluas-luasnya pelatihan kerja ini bagi para disabilitas yang ada di Kabupaten Situbondo. "Sehingga kita bisa mandiri ke depannya," pungkas warga Desa Seletreng, Kecamatan Kapongan ini. 

 

 

 

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 278X