Bupati Situbondo Beri Pembinaan kepada Ribuan Guru Madin, SD dan SMP Swasta
11 Dec
Bupati Situbondo Beri Pembinaan kepada Ribuan Guru Madin, SD dan SMP Swasta

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi memberikan pembinaan kepada ribuan guru Madin Ula Wustha dan guru SD-SMP swasta, Senin (11/12/2023). Acara tersebut berlangsung di Gedung PGRI Situbondo. 

 

Dalam kesempatan itu, Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan semangat mereka dalam mengajar dan mendidik anak didiknya. Sehingga kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Santri Pancasila mengalami kenaikan. 

 

"Selain peningkatan SDM, pembinaan ini juga untuk meningkatkan akhlak anak-anak Situbondo. Itu sesuai dengan visi saya dan Nyai Khoirani. Yakni terwujudnya masyarakat Situbondo yang Berjaya (berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya," ujarnya. 

 

Lebih lanjut, Bung Karna mengungkapkan, dirinya merasa bersyukur apabila dana sharing untuk Madin telah dirasakan manfaatnya oleh para guru. "Dengan manfaat yang dirasakan oleh para guru ini, saya berharap dapat meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah diniyah," tambahnya. 

 

Sementara itu, Plt Kepala Dispendikbud Situbondo, Siti Aisyah menjelaskan, di tahun 2023 ini ada 1674 guru yang menerima bantuan penyelenggaraan pendidikan diniyah guru swasta. Mereka tersebar di 750 Madin yang terdiri dari ula wustha, SD dan SMP swasta. 

 

Menurutnya, syarat untuk menerima bantuan penyelenggaraan pendidikan diniyah guru swasta, yakni harus memenuhi jam pelajaran. "Untuk guru SD harus memenuhi 18 jam per-minggu. Kemudian untuk SMP harus memenuhi 24 jam per-minggu," bebernya. 

 

Besaran honor yang diterima guru swasta ini, kata Aisyah, sebesar Rp300 ribu per-bulan. "Bapak-ibu mari kita syukuri apa yang diterima ini. Dan semoga apa yang diterima bapak-ibu sekalian bisa bermanfaat," pungkasnya. 

 

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 1112X