Bupati Situbondo Apresiasi Percepatan Pelayanan Kesehatan di PSC 119
31 Mar
Bupati Situbondo Apresiasi Percepatan Pelayanan Kesehatan di PSC 119

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi memuji sistem percepatan pelayanan kesehatan yang ada di Public Safety Center (PSC) 119 Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Situbondo. Orang nomor satu di Kota Santri ini menilai, kecepatan informasi PSC dalam menangani situasi yang bersifat darurat, seperi penanganan korban kecelakaan dan bencana alam sudah sangat baik. Sebab, terintegrasi dengan berbagai instansi seperti, puskesmas, rumah sakit, kepolisian, BPBD dan dinas terkait.

"PSC ini untuk mengurangi rentan birokrasi yang harus dilakukan agar bisa melayani masyarakat dengan cepat," ujarnya, saat memberikan sambutan dalam acara peresmian gedung Publik Safety Center (PSC) 119 Dinkes Situbondo, Rabu (31/3/2021).

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, sistem informasi yang dimiliki PSC 119 terbilang canggih. Karena sudah memiliki aplikasi yang bisa menemukan lokasi kecelakaan serta bencana alam. 

"Tadi kita coba komunikasi dengan Kecamatan Kendit. Alhamdulillah berjalan lancar. Saya harap kesiap siagaan bisa bekerja dengan baik," ungkapnya.

Dilokasi yang sama, Plt Kadinkes Kabupaten Situbondo, Dwi Herman Susilo mengungkapkan, masyarakat Situbondo sudah bisa mengakses layanan PSC 119 dengan menghubungkan nomor telepon 0338673119 atau nomor handphone 082265000119. 

"PSC ini sudah terkoneksi dengan seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Situbondo. Hanya saja call centernya disini (kantor Dinkes-red)" paparnya.

Mantan Kabid Pelayanan RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo ini menjelaskan, dalam memberikan layanan PSC 119 tidak memungut biaya apapun. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir ketika menghubungi PSC 119. "Biayanya gratis, semua sudah kita tanggung. ," tutupnya.

Untuk diketahui, gedung PSC 119 merupakan bangunan dua lantai yang dibangun dengan dana alokasi khusus (DAK) tahun 2020. Adapun fasilitas pendukung yakni, dua unit ambulance, tower pemancar, 27 unit handy talkie, radio medik 24 unit, serta radio berstation, di tiga rumah sakit. (Humas).


Dibaca : 125X