Bupati Situbondo Ajak UNARS Tingkatkan Kerjasama dengan Pemerintah Daerah
03 Jun
Bupati Situbondo Ajak UNARS Tingkatkan Kerjasama dengan Pemerintah Daerah

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengajak Civitas Akademika Universitas Abdurachman Saleh (UNARS) untuk meningkatkan kolaborasi dengan pemerintah daerah. Sehingga tercipta kolaborasi yang saling menguntungkan. 

 

Hal tersebut dikatakan oleh pria yang akrab disapa Bung Karna ini saat menyampaikan sambutan dalam acara pelantikan Rektor UNARS Periode 2024-2029, Senin, 3 Juni 2024. Acara tersebut berlangsung di Aula Lantai II Kampus I UNARS. 

 

"Saya baru tahu kalau pendiri Universitas Abdurachman Saleh ini adalah Bupati Situbondo terdahulu. Artinya kabupaten ini harus memiliki kontribusi dan mensupport agar Universitas Abdurachman Saleh, sehingga institusi ini semakin maju dan kabupaten kita ini semakin berkembang," ujarnya. 

 

Oleh karena itu, orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini memerintahkan Sekretaris Daerah Situbondo, Kepala Bappeda serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk menggandeng UNARS dalam berbagai kegiatan yang bisa disinergikan. "Mulai saat ini saya minta Pak Sekda, Pak Kaban dan Bu Kadis dibicarakan program apa yang bisa disinergikan dengan Universitas Abdurachman Saleh," tegasnya. 

 

Selain itu, Bupati Situbondo juga meminta kepada jajarannya dan pihak UNARS untuk mengkaji peraturan atau asar hukum yang memperbolehkan pemerintah daerah memberikan dana hibah kepada instansi perguruan tinggi. "Dana hibah ini dibicarakan dulu, dikaji dulu. Mudah-mudahan bisa dilakukan di tahun 2025," bebernya. 

 

Sementara itu, Rektor UNARS yang baru dilantik Dr. Muhammad Yusuf Ibrahim, SH,. MH mengungkapkan, UNARS adalah institusi yang memiliki visi menjadi universitas penggerak kewirausahaan yang berbasis pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan pengembangan karakter kinerja dan moral pada tahun 2029. 

 

"Terdapat tiga jati diri dari visi tersebut yaitu penggerak kewirausahaan, kualitas dan kuantitas tri darma perguruan tinggi, serta pembangunan karakter. Nantinya saya berkomitmen untuk memperdalam jati diri dari visi ini. Sehingga menjadi sebuah sikap dan perilaku tindakan semua civitas kademika Universitas Abdurachman Saleh," ucapanya. 

 

Di tempat yang sama, Ketua Pembina Yayasan Abdurachman Saleh, Syaifullah menjelaskan, Dr. Muhammad Yusuf Ibrahim, SH,. MH menjabat sebagai Rektor UNARS selama lima tahun, yaitu 2024-2029. "Keputusan ini berdasarkan statuta Universitas Abdurachman Saleh yang baru. Di situ dijelaskan bahwa jabatan Rektor UNARS itu lima tahun," terangnya. 

 

Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo ini menyampaikan, selain melantik Dr. Muhammad Yusuf Ibrahim, SH,. MH sebagai Rektor UNARS, pihak yayasan juga melantik Wakil Rektor, Direktur Pasca Sarjana, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Program Studi, dan pejabat struktural. "Kami atas nama Yayasan Abdurachman Saleh menyampaikan selamat kepada bapak-ibu yang baru dilantik. Semoga bisa mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya," pungkasnya. 

 

 

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 311X