Bupati Situbondo Ajak Mahasiswa Kebidanan Unib Tingkatkan SDM
28 Feb
Bupati Situbondo Ajak Mahasiswa Kebidanan Unib Tingkatkan SDM

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengajak mahasiswa kebidanan Universitas Ibrahimy (Unib), Sukorejo untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Sehingga mereka bisa bersaing dengan mahasiswa dari kampus lain.

Hal tersebut disampaikan oleh orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini saat menghadiri acara Praktik Kebidanan Komunitas Posko 2, Prodi D-III Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Unib, Senin (28/2/2022). Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Desa Tanjung Glugur, Kecamatan Mangaran.

“Adik-adik mahasiswa, praktik kebidanan komunitas ini sangat penting. Sebab ini bekal anda untuk terjun ke masyarakat. Sekaligus mempraktikkan ilmu yang didapat semasa di kampus,” ujar Bupati.

Pria asal Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa ini mengapresiasi, kegiatan praktik kebidanan komunitas. Karena program-programnya sangat dirasakan oleh masyarakat di Desa Tanjung Glugur. “Seperti pemeriksaan ibu hamil dan periksa tensi darah secara gratis, ini sungguh luar biasa. Apalagi adik-adik juga mengajak warga untuk ikut vaksinasi Covid-19,” tegasnya.

Lebih jauh, pria yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan, pihaknya juga tenga menjajaki kerjasama dibidang ketenagakerjaan dengan Pemerintah Jepang. “Insya Allah di waktu yang tidak lama lagi, kita akan melakukan MoU dengan mereka. Sehingga ini bisa mengurangi angka pengangguran di Situbondo,” tukasnya.

Ditempat yang sama, Koodinator Desa Praktik Kebidanan Komunitas Poskos 2, Cici Wulandari menerangkan, ada beberapa kegiatan yang dilakukan di Desa Tanjung Glugur. “Mulai pembukaan praktik kebidanan, periksa tensi darah gratis, Posyandu Perdusun, pemberian vitamin A dan obat cacing dan vaksinasi Covid-19,” ucapnya.

Cici menambahkan, kegiatan lain yang dilakukan diantaranya, mengadakan kelas ibu hamil, penyuluhan pentingnya pemilihan alat kontrasepsi jangka panjang. “Kemudian ada sweeping imunisasi dan refresing keder tentang DDKT,” tutupnya. (Humas & Protokol).


Dibaca : 114X