Bung Karna Sampaikan Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Situbondo Tahun 2025-2045 Kepada Anggota Dewan
13 Mar
Bung Karna Sampaikan Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Situbondo Tahun 2025-2045 Kepada Anggota Dewan

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi menyampaikan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Situbondo Tahun 2025-2045 kepada anggota dewan, Rabu, 13 Maret 2024. 

 

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, RPJPD merupakan penjabaran visi dan misi, arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun ke depan. "RPJPD ini berpedoman pada RPJP Nasional, RPJPD Provinsi Jawa Timur dan rencana tata ruang wilayah," ujarnya. 

 

Pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini mengungkapkan, RPJPD Kabupaten Situbondo Tahun 2025-2045 mengusung visi pembangunan jangka panjang, yakni 'Situbondo Sejahtera, Maju, Berkelanjutan, dan Berdaya Saing'. "Ada lima sasaran yang jadi tujuan di visi pembangunan jangka panjang ini. Di antaranya PDRB per kapita di atas rata-rata Jawa Timur, tingkat kemiskinan dan ketimpangan di bawah Jawa Timur, pengaruh terhadap daerah sekitar meningkat, IPM berada di atas rata-rata Jawa Timur, dan IKLH dalam katagori sangat baik," bebernya. 

 

Berdasarkan sasaran visi tersebut, sambung Bupati Situbondo, maka ada delapan misi pembangunan jangka panjang. "Pertama transformasi sosial berkeadilan, transformasi ekonomi inklusif, tranformasi layanan publik berdampak, mewujudkan birokrasi yang tangguh dan adaptif, stabilitas wilayah dan ketertiban umum, pemerataan infrastruktur dan sasaran berkualitas, ketahanan nilai budaya dan karakter daerah, serta kelestarian dan ketahanan ekologi," tuturnya. 

 

Lebih lanjut, Mantan Kepala Dinas PUPP Lumajang ini membeberkan, arah kebijakan RPJPD Kabupaten Situbondo Tahun 2025-2045 dibagi dalam empat periode pembangunan. Yaitu Tahun 2025-2029 untuk penguatan landasan transformasi, Tahun 2030-2034 untuk akselerasi transformasi. 

 

"Kemudian Tahun 2035-2039 untuk penguatan daya saing daerah, dan terakhir Tahun 2040-2045 untuk perwujudan inklusifitas daerah," tegas Bung Karna. 

 

Bung Karna melanjutkan, RPJPD Kabupaten Situbondo Tahun 2025-2045 telah melalui forum konsultasi publik rancangan awal RPJPD dan konsultasi rancangan awal RPJPD kepada Gubernur Jawa Timur. "Proses penyusunan RPJPD Kabupaten Situbondo Tahun 2025-2045 ini dilakukan secara transparan, responsif, efisien, efektif, akuntabel, partisipatif, terukur, berkeadilan, berwawasan lingkungan, dan berkelanjutan," imbuh Bupati 57 tahun ini. 

 

Menurutnya, ada beberapa pendekatan yang digunakan dalam penyusunan RPJPD Kabupaten Situbondo Tahun 2025-2045. Yakni pendekatan teknokratif, partisipatif, politik, top down dan battom up, holistik tematik, integratif, dan spasial. "RPJPD Tahun 2025-2045 ini diarahkan sebagai upaya mendukung pencapaian tujuan pembangunan nasional dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat daerah yang berkeadilan dengan menempatkan manusia sebagai objek dan subjek pembangunan," pungkas Bung Karna. 

 

Untuk diketahui, hadir dalam penyampaian awal RPJPD Kabupaten Situbondo Tahun 2025-2045, Wabup Situbondo, Nyai Khoirani, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Situbondo, jajaran Forkopimda, Sekdakab Wawan Setiawan, pimpinan OPD, serta para Camat dan Kabag. 

 

 

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 223X