Bung Karna Lantik 104 Pejabat Eselon IV di Lingkungan Pemkab Situbondo
29 Dec
Bung Karna Lantik 104 Pejabat Eselon IV di Lingkungan Pemkab Situbondo

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi melantik 104 ASN di Lingkungan Pemkab Situbondo, Rabu (29/12/2021). Kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo Graha Amukti Praja.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengungkapkan, salah satu tujuan dari pelantikan tersebut yaitu, sebagai bentuk penyegaran birokrasi di OPD setempat. "Saya berharap ada inovasi dan kreativitas yang baru di setiap OPD. Sehingga pelayanan terhadap masyarakat menjadi lebih baik lagi," ucapnya.

Bung Karna ini mengatakan, 104 pejabat eselon IV yang dimutasi adalah pejabat administrator dan pengawas. "Mereka adalah para kabid, kasi, kasubag, pengelola data di OPD," tambahnya.

Bupati dua anak ini menyampaikan, Pemkab Situbondo telah menerima teguran dari Kemendagri RI. Sebab pemerintah daerah dinilai lamban untuk melakukan penyederhanaan SOTK, khususnya yang berkaitan dengan pejabat eselon IV.

"Kita diberi waktu sampai tanggal 31 Desember besok untuk melakukan pelantikan pejabat eselon IV. Ada 6 daerah di Jatim yang belum melakukan itu, salah satunya Situbondo," tukasnya.

Lebih jauh, bupati 54 tahun ini menjelaskan, pejabat eselon IV yang dilantik hari ini nantinya akan menjadi pejabat fungsional. "Dengan begitu anda bisa naik pangkat dengan cepat. Kalau bekerja dengan baik dan mampu mencapai target kreditnya itu bisa naik pangkat dalam waktu 1,2 dan tiga tahun, beda dengan struktural harus 4 tahun, itupun kalau tidak ada sanksi," pungkasnya.

Bung Karna menjelaskan, indek kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Situbondo mengalami kenaikan 5 persen. "Alhamdulillah tahun lalu ada diangka 77 persen sekarang 82 persen. Kedepan saya ingin ini (pelayanan publik -red) harus semakin meningkat," paparnya.

Bung Karna berharap kepada para pejabat eselon IV yang baru dilantik agar bisa mewujudkan visi-misi bupati dan wakil bupati yaitu, Situbondo Berjaya (berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya). "Didalam mencapai visi-misi itu saya ingin pelayanan publik kepada masyarakat harus menggunakan taklane Pakem (pelayanan aktif, kreatif, efektif, efisien dan memuaskan)," tutupnya.

Untuk diketahui, salah satu pejabat eselon IV yang dimutasi adalah Nur Aini jabatan lama Guru Ahli Madya di SDN 3 Juglangan, jabatan baru Kasi Pembinaan SD dan Layanan Khusus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (Humas & Protokol).


Dibaca : 98X