Bung Karna Apresiasi Berdirinya Pujasera di Desa Kalimas
08 Apr
Bung Karna Apresiasi Berdirinya Pujasera di Desa Kalimas

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengapresiasi langkah Kepala Desa (Kades) Kalimas, Kecamatan Besuki, Situbondo yang melakukan terobosan dengan membentuk pusat jajanan serba ada (Pujasera). Karena hal tersebut dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

"Kondisi saya sebenarnya kurang sehat, tapi saya paksakan datang ke sini untuk melihat geliat ekonomi yang ada di Pujasera ini," ujarnya, dalam acara Launching Pujasera Kalimas dan Salamatan Desa Kalimas, Rabu (7/4/2021).

Menurut orang nomor satu di Kota Santri ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo siap membantu permodalan bagi kelompok usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Desa Kalimas yang membutuhkan bantuan. Sehingga, masyarakat tidak lagi cemas memikirkan modal usahanya.

"Di bulan Ramadhan kami akan menandatangani MoU dengan PT Amartha serta Bank Jatim untuk memberikan pelatihan dan pendampingan serta memberikan kredit kepada usaha anda," tambahnya.

Mantan Kadis PUPR Bondowoso ini berharap dengan adanya Pujasera ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Desa Kalimas. "Ekonomi kita minus sekitar 2 dampak dari pandemi Covid-19. Dengan adanya BUMdes ini saya optimis bisa meningkatkan daya beli masyarakat," ucapnya.

Sementara itu Kepala Desa Kalimas, Samuri mengungkapkan, berdirinya Pujasera berawal dari aspirasi masyarakat Desa Kayumas. "Ini merupakan inisiatif warga. Jadi kami selaku pemerintah desa berusaha untuk merealisasikan masukan tersebut," paparnya.

Samuri menjelaskan, awal mula lokasi berdirinya Pujasera dulunya merupakan pasar hewan yang kumuh. "Tempat ini dulunya sangat kotor. Setelah itu kami berkordinasi dengan camat dan dinas peternakan untuk mengfungsikannya sebagai tempat penggerak ekonomi warga," tutupnya. (Humas).


Dibaca : 93X