Bung Karna Ajak APRI Situbondo Tekan Jumlah Kenaikan Penduduk
07 Apr
Bung Karna Ajak APRI Situbondo Tekan Jumlah Kenaikan Penduduk

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengajak Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Cabang Situbondo yang baru dilantik untuk mengendalikan jumlah kenaikan penduduk. Sehingga, program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat bisa berjalan dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Bung Karna saat memberikan sambutan dalam acara Pengukuhan Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Situbondo periode 2021-2025, di pendopo bupati, Rabu (7/4/2021).

"Angka pertumbuhan penduduk kita 1,9. Artinya dalam 1 keluarga belum tentu memiliki 2 anak. Untuk itu mari kita jaga supaya bisa bertahan atau bahkan kalau bisa diturunkan," ucapnya.

Selain itu, menurut orang nomor satu di Kota Santri ini, pertumbuhan penduduk yang terkontrol juga bisa menurunkan angka stunting serta kematian ibu dan bayi. "Mari kita wujudkan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan sebaik-baik, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya," ujarnya.

Lebih lanjut, Mantan Kadis PUPR Lumajang ini berharap anggota APRI Situbondo untuk turun langsung ke masyarakat, guna memberikan edukasi tentang bahaya menikah di usia muda. "Saya minta lakukan sosialisasi secara intens tentang bahaya pernikahan dini," terangnya.

Sementara itu, Pembina APRI Provinsi Jawa Timur, Amanualloh mengatakan, APRI Situbondo siap bekerjasama pemerintah daerah dalam menekan jumlah pertumbuhan penduduk dan menurunkan angka stunting serta kematian ibu dan bayi.

"Kita terus melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk tidak menikah di usia muda. Sebab, beresiko terhadap keselamatan istri saat melahirkan," ujarnya.

Amanualloh menjelaskan, APRI Situbondo telah menyiapkan 140 penyuluhan agama guna melakukan sosialisasi tentang bahaya menikah di usia muda.

"Ada seratusan anggota yang tersebar di 17 kecamatan. Anggota kami siap membantu pemerintahan Bung Karna," tutupnya. (Humas).


Dibaca : 95X