Beri Arahan Ratusan Kader Pendata Keluarga Berencana, Bung Karna Tekankan Petugas Turun ke Lapangan
01 Apr
Beri Arahan Ratusan Kader Pendata Keluarga Berencana, Bung Karna Tekankan Petugas Turun ke Lapangan

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi memberi arahan kepada ratusan Kader Pendata Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Situbondo di pendopo bupati, Kamis (01/042021). Karena masih pandemi Covid-19, jadi hanya 200 kader pendata yang hadir dalam acara tersebut.

Pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini berharap kader pendata turun ke rumah-rumah warga. Agar diperoleh data yang valid. "Meskipun sudah tahu nama-namanya, lantas tidak didatangi rumahnya. Saya tidak mau seperti itu," ucapnya. 

Lebih lanjut, Mantan Kadis PUPR Bondowoso ini memastikan pihaknya akan turun langsung ke rumah-rumah warga. Guna memastikan kinerja petugas pendata. "Saat saya kunjungan kerja, akan tanya ke masyarakat apakah sudah ada petugas yang datang ke rumahnya," tambahnya.

Sementara itu, Kadis DPPKB Imam Gazali mengatakan, pendataan keluarga serentak tahun 2021 di Kabupaten Situbondo telah memakai smartphone. Menurutnya, keunggulan penggunaan smartphone yakni, lebih cepat dalam mengakses data kependudukan dan langsung terkoneksi dengan server di provinsi dan pusat. "Lebih efektif karena langsung bisa dilihat oleh provinsi dan pusat," paparnya.

Imam mengungkapkan, ada 249 651 KK di Kabupaten Situbondo. Dimana 98 persen atau 243948 KK pendataannya menggunakan smartphone. "Hanya 5703 KK yang manual dan itu berada di Desa Kayumas dan Curah Tatal, Kecamatan Arjasa," pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam pendataan keluarga serentak tahun 2021 berlangsung mulai 1 April hingga 31 Mei 2021. Total ada 1667 kader pendata yang diterjunkan oleh DPPKB. Selain itu, juga terdapat 136 supervisor tingkat desa. Kemudian manajer pengelola data di kecamatan sebanyak 17 orang. (Humas).


Dibaca : 87X