Beri Arahan ke Nakes, Bung Karna Ingin RSUD dan Puskesmas Sebulan Sekali Gelar Khomil Quran, Sholawat Burdah hingga Tibbil Qulub
13 Aug
Beri Arahan ke Nakes, Bung Karna Ingin RSUD dan Puskesmas Sebulan Sekali Gelar Khomil Quran, Sholawat Burdah hingga Tibbil Qulub

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi menginginkan tiga rumah sakit umum daerah (RSUD) dan Puskesmas yang ada di Kota Santri untuk mengadakan khotmil quran, sholawat burdah hingga tibbil qulub. Hal tersebut dikatakan pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini saat memberi arahan kepada tenaga kesehatan (Nakes), Jumat (13/8/2021) di Aula Lantai II Pemda Situbondo.

"Tujuannya sebagai wujud doa kepada Allah SWT, agar pandemi Covid-19 segera berakhir. Untuk itu, saya menginstruksikan setiap Kamis Kliwon melaksanakan kegiatan tersebut (khotmil quran, sholawat burdah dan tibbil qulub -red)," ucapnya.

Mantan Kadis PUTR Kabupaten Lumajang ini mengungkapkan, kegiatan khotmil quran, sholawat burdah dan tibbil terbukti menurunkan kasus positif dan kematian akibat virus Corona di Kota Santri. Sehingga kurva penyebaran Covid-19 bisa melandai.

 "Sebelumnya kita lakukan khotmil quran, sholawat burdah hingga tibbil qulub sembilan hari berturut-turut. Alhamdulillah ada dampak positif. Sehingga banya masukkan dari tokoh agama agar bisa dilanjutkan minimal sebulan sekali," tegasnya 

Lebih lanjut, pria 54 tahun ini menjelaskan, dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona, Satgas Covid-19 kabupaten, kecamatan hingga desa tidak cukup hanya dengan melakukan 3T (testing, treacing dan treatment). "Tetapi usaha kebatinan ini juga perlu kita lakukan. Sebagai bentuk ikhtiar dan meminta doa kepada Allah SWT agar penyakit ini segera diangkat," tutupnya. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Situbondo Karna Suswandi, Wabup, Nyai Hj Khoirani, Sekdakab, Syaifullah, Plt Kadinkes, Dwi Herman Susilo, tiga Direktur RSUD, Kepala Puskesmas se-Situbondo, Kabag Ops Polres, Suyatno dan Kasdim 0823, Mayor Inf Sampak. (Humas).


Dibaca : 139X