Banyak Keluhan dari Masyarakat, Bupati Situbondo Sidak Distributor Migor
03 Feb
Banyak Keluhan dari Masyarakat, Bupati Situbondo Sidak Distributor Migor

SITUBONDO - Masyarakat di Kota Santri Pancasila mengeluhkan harga minyak goreng (Migor) yang masih mahal. Bahkan di pasar tradisional harga Migor bisa menyentuh Rp 17.000 hingga 19.000 per liter.

Menindaklanjuti keluhan masyarakat tersebut, Bupati Situbondo, Karna Suswandi beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat menggelar Sidak ke distributor dan gudang Migor, Kamis (3/2/2022). Yakni Toko Lautan Mas di Jalan Irian Jaya dan Gudang Migor di Jalan Merak.

Bupati yang dikenal murah senyum ini mengatakan, pihaknya masih menemukan distributor yang menjual Migor diatas harga eceran tertinggi (HET). Yakni Rp14.700 per liter.

"Nah ini kalau sampai ke toko pengecer pasti harganya akan lebih mahal lagi. Jadi kan kasian ke masyarakat kita," ucapnya.

Sehingga, pria yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan, distributor untuk agar menjual Migor dibawah HET. Sehingga para toko kecil bisa menjual ke masyarakat dengan harga Rp 14 ribu per liter.

"Kita minta segera disesuaikan dengan peraturan yang ada sekarang ini," tegasnya.

Lebih lanjut, pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini mengungkapkan, bahwa aturan Permendag Nomor 6 Tahun 2022 sudah jelas. Yakni harga Migor satu harga telah ditetapkan sebesar Rp14 ribu per liter. "Seharusnya semua distributor segera menyesuaikan dengan itu," tambahnya.

Lebih jauh, bapak dua anak ini menjelaskan, pihaknya hanya memberikan teguran kepada para distributor yang kedapatan menjual Migor diatas HET. "Namun bila tetap seperti itu, ya akan kita tindak tegas," bebernya.

Sementara itu, Distributor Migor Lautan Mas, Budi menuturkan, alasannya masih menjual Migor di atas harga HET yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Yakni dia membeli Migor dengan harga di atas Rp14 ribu per liter. "Sehingga kalau saya jual dengan harga itu ya jelas rugi saya. Makanya saya jualnya per kardus. 1 kardus harganya Rp170 ribu isi 12 plastik kemasan 900 mililiter," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Situbondo, Karna Suswandi; Kapolres AKBP Andi Sinjaya; Dandim 0823, Letkol Inf Neggy Kuntagina; Sekdakab, Syaifullah. (Humas & Protokol).


Dibaca : 476X