Bantu Pupuk Petani, Bung Karna Kucurkan Dana Hingga 10 Miliar
28 Apr
Bantu Pupuk Petani, Bung Karna Kucurkan Dana Hingga 10 Miliar

SITUBONDO - Guna meringankan beban petani, Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengalokasikan anggaran hingga Rp 10 Miliar. Hal tersebut disampaikan dalam acara ramadan bersama rakyat di Desa Kalisari, Kecamatan Banyuglugur, Rabu (28/4/2021).

Orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini mengungkapkan, pihaknya telah menggelontorkan anggaran hingga Rp 5 Miliar untuk mensubsidi pupuk. "Kami membeli pupuk non subsidi dengan harga Rp 500 ribu per kwintal, kemudian dijual ke petani dengan harga Rp. 225 ribu. 

"APBD kita masih belum sehat, namun kami berusaha meringankan beban petani dengan mensubsidi pupuk. Total anggaran untuk itu Rp 5 Miliar," ujarnya, Rabu (28/4/2021).

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, bantuan itu akan diberikan kepada para petani yang kurang mampu. "Kita prioritaskan mereka petani-petani kecil," tegasnya.

Lebih lanjut, Mantan Kadis PUPR Bondowoso ini menambahkan, pemerintah daerah (Pemkab) Situbondo juga menganggarkan dana Rp 5 Miliar untuk memberi bantuan pupuk gratis bkepada petani tembakau. 

"Bantuan pupuk bagi petani tembakau kita ambilkan dari dana DBHCHT nominalnya sama. Jadi totalnya 10 Miliar," paparnya.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini optimis dengan bantuan subsidi maupun pemberian pupuk secara gratis tersebut, mampu meningkatkan hasil panen petani. "Semoga bantuan ini dapat meningkatkan kesejahteraan para petani kita,". (Humas).


Dibaca : 85X