Anggota Banmus DPRD Provinsi Jawa Timur Kunker ke Situbondo
06 Feb
Anggota Banmus DPRD Provinsi Jawa Timur Kunker ke Situbondo

SITUBONDO - Anggota Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Provinsi Jawa Timur menggelar Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Situbondo, Selasa, 6 Pebruari 2024. Tujuannya untuk melakukan sinkronisasi program dengan Pemkab Situbondo. 

 

Ada lima Anggota Banmus yang berkunjung ke Kota Santri Pancasila. Yakni dr. Agung Mulyono, Zeiniye, Satib, Martin Hamonangan dan Ubaidillah. Kunjungan mereka ke Pemkab Situbondo diterima langsung Bupati Karna Suswandi di Ruang Intelligence Room. 

 

Anggota Banmus DPRD Situbondo, Zeiniye mengatakan, dengan sinergitas ini tentunya membantu Pemkab Situbondo dalam melaksanakan berbagai program unggulan dalam berbagai bidang. "Sinergitas dengan teman-teman DPRD provinsi ini sangat penting. Ketika sinergitas ini bisa dibangun dengan baik, maka kekuatan fiskal APBD Kabupaten Situbondo ini bisa disupport dari kekuatan APBD provinsi," ujarnya. 

 

Perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PPP Situbondo ini menyampaikan, setidaknya ada dua jalur sinergitas program. Yaitu melalui program Pemprov Jawa Timur dan pokok-pokok pikiran (Pokir) Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur. 

 

"Jadi sekali lagi, ini lebih kepada bagaimana kita membangun kebersamaan untuk membangun Kabupaten Situbondo agar lebih maju lagi," tambahnya. 

 

Apalagi di tahun 2024 ini, menjadi tahun terakhir implementasi visi-misi Bupati Situbondo, Karna Suwandi dan Wabup Nyai. Hj. Khoirani di dalam RPJMD. "Tahun 2024 menuju ke tahun 2025, ini adalah tahun visi-misi pemerintahan pak bupati jilid pertama," imbuhnya. 

 

Salah satu program yang bisa disinkronisasi dengan DPRD Provinsi Jawa Timur, kata Zeiniye adalah pengembangan bibit padi BK 01 dan 02 agritan dan mangga arum merah Situbondo. "Padi BK ini bisa dipanen empat kali dalam setahun dan sebenarnya mau launching di posisi 20 ribu hektare. Tetapi kan ada kendala keterbatasan infrastruktur pendanaan dari sisi penyediaan bibit," bebernya. 

 

Selain itu, pembangunan GOR Bung Karna di tahun 2024 ini juga menjadi pembahasan Bupati Situbondo dengan Anggota Banmus DPRD Provinsi Jawa Timur. "Keberadaan GOR ini bagaimana tidak melulu menyerap kekuatan APBD Kabupaten Situbondo, karena kekuatan APBD Situbondo ini banyak diserap selain untuk biaya rutin dan biaya kebutuhan pokok prioritas lainnya. Sehingga ini perlu dibangun sinergitas," tegasnya. 

 

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengungkapkan, dengan adanya sinergitas program ini tentunya sangat bermanfaat bagi Pemkab Situbondo. "Kami tidak bisa membangun kabupaten tercinta ini sendirian. Dengan adanya berbagai program yang ada di DPRD Provinsi Jawa Timur ini tentu sangat berdampak besar dalam mewujudkan Situbondo Berjaya," ucapnya. (Prokopim Situbondo)


Dibaca : 1047X