ADWI 2021, Kampung Blekok Raih Juara 1 Katagori Desa Wisata Rintisan
08 Dec
ADWI 2021, Kampung Blekok Raih Juara 1 Katagori Desa Wisata Rintisan

SITUBONDO - Desa Wisata Kampung Blekok yang berada di Dusun Krojan Barat, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Situbondo Kampung Blekok Situbondo, berhasil meraih juara 1 kategori Desa Wisata Rintisan pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, Selasa (7/12/2021) malam. Prestasi membanggakan tersebut digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi merasa bangga atas penghargaan bergengsi tersebut. "Alhamdulillah Desa Wisata Kampung Blekok terpilih sebagai juara 1 Katagori Desa Wisata Rintisan. Semoga ini menjadi awal dari tumbuh dan berkembangnya wisata di Situbondo, untuk mewujudkan Situbondo Berjaya (berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya (Berjaya)," ujar bupati.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengungkapkan, ada 50 nominator ADWI 2021 yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. "Terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada pengelola Kampung Blekok. Sehingga kita bisa meraih prestasi yang luar biasa ini," ucapnya.

Lebih lanjut, pria 54 tahun ini mengatakan, wisata Kampung Blekok merupakan salah satu penggerak ekonomi di Kota Santri Pancasila. "Sehingga predikat sebagai juara 1 Desa Wisata Rintisan ini, kita harapkan mampu menambah kunjungan wisatawan regional, nasional hingga mancanegara ke Situbondo," tegasnya.

Bung Karna menyampaikan, pihaknya berkomitmen untuk terus mengembangkan wisata Kampung Blekok dan wisata-wisata lainnya yang ada di Kota Santri Pancasila. "Dengan begitu, diharapkan mampu menjadi wisata dengan kategori berkembang bahkan maju. Sehingga bisa menjadi daya ungkit pembangunan di Situbondo," tambahnya.

Sementara, Pengelola Konservasi Hutan Bakau Desa Wisata Kampung Blekok Situbondo, Ranti Seta Ayu Pratiwi menerangkan, pihaknya tak menyangka Kampung Blekok bisa meraih juara 1 kategori Desa Wisata Rintisan ajang ADWI 2021. "Dari 1.831 desa wisata yang mendaftar se-Indonesia, kami masuk 50 besar saja sebuah kejutan. Ini diluar ekspektasi kami menjadi juara 1 Desa Wisata Rintisan pada ajang ADWI 2021 Kemenparekraf RI," pungkasnya.

Untuk diketahui, Wisata Kampung Blekok adalah kawasan konservasi hutan bakau yang luasnya mencapai sekitar 27 Hektar. Pemandangan alam disana sangat luar biasa. Dan terdapat burung dengan berbagai spesies salah satunya blekok. (Humas & Protokol).


Dibaca : 444X