Ada Pasar Murah di Festival Ramadhan, Warga Situbondo Yuk Cek Jadwalnya!
12 Mar
Ada Pasar Murah di Festival Ramadhan, Warga Situbondo Yuk Cek Jadwalnya!

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) menggelar Festival Ramadhan 1445 Hijriah. Ada ratusan stand makanan dan minuman yang menjual berbagai menu untuk berbuka puasa. 

 

Selain stand makanan dan minuman, di Festival Ramadhan 1445 Hijriah ini juga ada pasar murah khusus sembako. Ada tiga komoditas pangan yang dijual, yaitu beras, minyak goreng, dan gula pasir. 

 

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, pasar murah di Festival Ramadhan digelar sebanyak empat kali. Yakni pada tanggal 11, 16, 23 dan 30 Maret 2024. "Artinya pasar murah khusus sembako ini digelar setiap pekan di bulan Maret ini," ucapnya kepada awak media, Senin, 11 Maret 2024.

 

Untuk menyelenggarakan pasar murah tersebut, kata Bupati 57 tahun ini, Pemkab Situbondo menggandeng dua BUMN. Yaitu PT. Sinergis Gula Nusantara XI dan Badan Urusan Logistik (Bulog) Wilayah Bondowoso/Situbondo. "Stand sembako, baik itu beras, minyak goreng maupun gula pasir masing-masing ada satu stand. Tepatnya ada di area parkir sebelah barat Pasar Mimbaan," tuturnya. 

 

Dari pantauan Prokopim Situbondo, pasar murah khusus sembako dipadati antrian warga yang ingin membeli beras, minyak goreng, ataupun gula pasir. 

 

Untuk beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) dijual dengan harga Rp51.500 per kemasan isi 5 kilogram. Warga maksimal hanya boleh membeli 2 kemasan atau 10 kilogram. Dalam pasar murah ini, Bulog menyediakan 10 ton beras SPHP. 

 

Kemudian untuk minyak goreng disediakan oleh Diskoperindag Kabupaten Situbondo. Total ada 10 karton minyak goreng Zafira, per karton isi 12 kemasan dengan berat 900 mililiter. Minyak goreng dijual dengan harga Rp14.250 per kemasan isi 900 mililiter. Diskoperindag tidak membatasi pembelian minyak goreng tersebut. 

 

Sementara itu, untuk gula pasir dijual dengan harga Rp15.500 per kilogram. Setiap warga dibatasi maksimal pembelian 5 kilogram. Total ada 500 kilogram gula pasir yang disediakan di pasar murah di Festival Ramadhan ini. Gula pasir tersebut disuplai oleh PT Sinergis Gula Nusantara XI yang meliputi PG Asembagus, PG Panji dan PG Wringinanom. 

 

Di sisi lain, Kepala Diskoperindag Kabupaten Situbondo, Edy Wiyono menyampaikan, pasar murah ini digelar untuk meringankan beban masyarakat, khususnya dalam memenuhi kebutuhan pokok. 

 

"Selain itu, pasar murah ini juga untuk menekan harga beras, minyak goreng dan gula pasir. Seperti harga beras kita jual dengan harga terjangkau, yakni Rp51.500 per kemasan isi 5 kilogram atau Rp10.300 per-kilogramnya. Sedangkan harga beras di pasaran saat ini ada di kisaran Rp14.500 per-kilogram. Jadi pasar murah khusus beras ini sangat membantu masyarakat," beber pria bertubuh jangkung ini. 

 

 

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 316X