32 Korban Bencana Terima Bansos Dari Pemkab Situbondo 
08 Oct
32 Korban Bencana Terima Bansos Dari Pemkab Situbondo 

SITUBONDO - Sebanyak 32 korban bencana alam dan sosial menerima bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo, Jumat (8/10/2021). Pemberian bantuan tersebut berlangsung di Pendopo Graha Amukti Praja.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, mereka adalah korban kebakaran, pohon tumbang, angin puting beliung, tanah longsor dan banjir rob yang terjadi di tahun 2021. "Bantuan yang kami berikan ini bersumber dari Belanja Tidak Terduga (BTT) APBD Situbondo," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengungkapkan, total uang tunai yang diberikan kepada korban bencana tersebut ditetapkan 20 persen dari kerugian yang dialami oleh mereka. "Karena seusai peraturan yang berlaku seperti itu (20 persen dari total kerugian -red). Dari data yang ada bervariasi mulai dari Rp 500.000 hingga yang paling besar Rp 15. 500. 000," tambahnya.

Lebih lanjut, pria 54 tahun ini menjelaskan, dirinya telah menginstruksikan kepada Kepala BPBD Situbondo agar cepat dalam merespon segala bentuk bencana alam dan sosial yang terjadi. "Kalkulasi berapa kerugian materi yang dialami oleh korban. Sehingga bisa segera kita tangani," paparnya.

Di lokasi yang sama, Plt Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Situbondo, Samsuri menerangkan, tujuan dari pemberian Bansos tersebut untuk membantu meringankan beban para korban. "Walaupun tidak banyak. Tapi kami meyakini bantuan ini sangat bermanfaat bagi mereka," tuturnya. 

Sementara itu, salah satu penerima Bansos tersebut, Santoso mengapresiasi langkah yang diambil oleh Pemkab Situbondo dalam meringankan beban dirinya. "Rumah saya mengalami kerusakan yang cukup parah akibat diterjang angin puting beliung. Sehingga kami mengalami kerugian hingga Rp 37.000.000 rupiah," pungkasnya. (Humas).


Dibaca : 164X