29 Desa Lunas PBB P2 Diganjar Penghargaan Oleh Bung Karna
01 Feb
29 Desa Lunas PBB P2 Diganjar Penghargaan Oleh Bung Karna

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi, menghadiri acara pemberian penghargaan kepada lembaga dan organisasi yang telah berkontribusi terhadap Pemkab Situbondo, serta pemberian penghargaan kepada kecamatan dan desa yang lunas PBB P2 tahun 2022, Rabu (1/2/2023). Acara tersebut berlangsung di Pendopo Aryo Situbondo.

Ada 29 desa di 10 kecamatan yang menerima penghargaan dari orang nomor satu di Kota Santri Pancasila.

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, selama tiga tahun terakhir, PAD Kabupaten Situbondo terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2020, PAD Situbondo sekitar Rp200 milliar.

"Kemudian mengalami peningkatan di tahun 2021, menjadi sekitar Rp220 miliar. Dan di tahun 2022 meningkat lagi menjadi Rp276 miliar," ucapnya disambut riuh tepuk tangan peserta yang hadir.

Lebih lanjut, Mantan Kadis PUPR Bondowoso ini menjelaskan, dengan meningkatnya PAD tersebut maka berdampak terhadap Anggaran Dana Desa (ADD) yang diterima Pemdes. Sehingga ia meminta peran aktif Kades dalam mendukung peningkatan PAD di Kota Santri Pancasila.

"Bapak-ibu Kades yang saya hormati, saya berharap pada tahun 2023 bisa lunas keseluruhan dalam pelaksanaan penarikan PBBnya. Dengan begitu pembangunan di Kabupaten Situbondo ini semakin merata,” tegasnya.

Lebih lanjut, Bung Karna menerangkan, bahwa sebenarnya Situbondo dan kabupaten/kota yang lain dihadapkan dengan permasalahan yang cukup rumit. Yakni DAU yang terus berkurang.

"Bahkan pemerintah pusat turut mengatur DAU. Mulai dari gaji PPPK, infrastruktur dan lainnya. Hanya sisanya yang diberikan kepada Pemda untuk diatur," bebernya.

Kondisi ini pun membuat fleksibilitas Pemerintah Daerah kian berkurang. Karena itu, dirinya berharap semua pihak, tidak terkecuali Pemerintah Desa (Pemdes) untuk bisa membantu meningkatkan kemandirian fiskal masing-masing kabupaten/kota.

“Untuk bisa meningkatkan kemandirian fiskal ini, saya tidak bisa bergerak sendiri. Tapi perlu bantuan semua pihak, termasuk para Kades,” pungkasnya.

Data yang dihimpun Prokopim Situbondo, 29 Kades penerima penghargaan sebagai berikut :

Kecamatan Sumbermalang
Desa Taman Kursi; Baderan; Alas Tengah; Tlogosari; Taman Sari; Kalirejo, Sumber Argo; Plalangan dan Taman.

Kecamatan Banyuglugur
Desa Tepos; Talempong; Lubawang; Selobanteng dan Kalisari.

Kecamatan Besuki
Desa Kalimas; Pesisir; Langkap dan Widoropayung

Kecamatan Suboh
Desa Mojodungkol; Gunung Putri; Cemara dan Gunung Malang

Desa Alas Bayur, Kecamatan Mlandingan; Tambak Ukir, Kecamatan Kendit; Bayeman, Kecamatan Arjasa; Sliwung, Kecamatan Panji; Bantal dan Kedunglo, Kecamatan Asembagus serta Blitok, Kecamatan Bungatan. (Prokopim)


Dibaca : 158X