22 Kelompok Tani di Situbondo Dapat Bantuan Pompa Air, Penyerahan Dilakukan Langsung Oleh Bung Karna
20 Apr
22 Kelompok Tani di Situbondo Dapat Bantuan Pompa Air, Penyerahan Dilakukan Langsung Oleh Bung Karna

SITUBONDO - 22 kelompok tani di Kabupaten Situbondo mendapat bantuan pompa air dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi dan Dandim 0823 Letkol Inf. Alexander di Pendapa Arya Situbondo, Sabtu, 20 April 2024.

Dalam kesempatan itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, tujuan dari pemberian bantuan pompa air ini sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional, khususnya di Kabupaten Situbondo.

"Bantuan ini diserahkan kepada kelompok tani sebagai bagian dari upaya mendukung pasokan air irigasi di lahan pertanian pangan, terutama saat musim kemarau. Harapannya dapat meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Situbondo," ujar pria yang akrab disapa Bung Karna ini.

Selain itu, kata Bung Karna, bantuan ppompa air ini diharapkan dapat meningkatkan indeks pertanaman (IP) dari 100 menjadi 300. Sehingga memberikan manfaat yang signifikan bagi petani dan meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Situbondo.

"Dengan adanya bantuan ini, diharapkan petani dapat lebih mudah mengakses pasokan air irigasi dan mengurangi kesulitan air saat musim kemarau. Semoga kerjasama antara pemerintah pusat, TNI, dan pemerintah daerah terus berlanjut untuk mendukung pertanian dan kesejahteraan petani di Kabupaten Situbondo," tegas pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini.

Lebih jauh, Bupati 57 tahun ini mengungkapkan, saat ini Pemkab Situbondo tengah mengusulkan penambahan alokasi pupuk bersubsidi guna mendukung produktivitas pertanian. "Semoga usulan penambahan alokasi pupuk bersubsidi ini disetujui oleh Kementerian Pertanian," pungkasnya.

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 131X