2022, Pemkab Situbondo Bakal Bangun 944 Unit Rumah dengan Program Birulah
08 Mar
2022, Pemkab Situbondo Bakal Bangun 944 Unit Rumah dengan Program Birulah

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo bakal membangun 944 unit rumah warga miskin dengan program bikin rumah layak huni (Birulah). Sehingga angka kemiskinan ekstrim di Kota Santri Pancasila bisa berkurang secara bertahap.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi di acara sosialisasi program dan kegiatan pembangunan tahun anggaran 2022, Selasa (8/3/2022). Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Kecamatan Arjasa, Selasa (8/3/2022).

“Program ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita yang masuk dalam katagori miskin ekstrim,” ujar Bupati.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, untuk merealisasikan program Birulah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo telah mengalokasikan anggaran hingga Rp14.165.000.000 di APBD tahun 2022.

“Dengan dana sebesar itu, kita gunakan untuk membangun ratusan rumah warga miskin. Sehingga kami menargetkan pada tahun 2024, angka kemiskinan ekstrim di Situbondo bisa habis. Karena Ini arahan dari pemerintah pusat. Jadi harus kita dukung penuh,” tambahnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini menyampaikan, satu unit rumah warga yang akan dibangun dengan program Birulah bernilai Rp15 juta. “Anggaran ini (program Birulah -red) besaral dari DAU dan DBHCHT tahun 2022,” imbuhnya.

Lebih jauh, pria yang akbar disapa Bung Karna ini menjelaskan, lokasi sasaran program Birulah ada di 5 Kecamatan, yang memiliki angka kemiskinan ekstrim tertinggi di Situbondo. “Jadi ada 5 Kecamatan. Yakni Besuki, Arjasa, Sumbermalang, Suboh, dan Panji,” pungkasnya.

Hadir dalam acara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi, Ketua TP-PKK, Juma’ati Karna Suswandi, Wabup, jajaran Kepada OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo, para Staf Ahli dan Asisten, Forkopimka Arjasa, Kades se-Kecematan Arjasa, dan tokoh masyarakat serta agama. (Humas & Protokol).


Dibaca : 235X