10 Rumah Warga Landangan Rusak Diterjang Gelombang Rob, Bupati Situbondo Janjikan Pembangunan Tangkis Pemecah Ombak
13 Jul
10 Rumah Warga Landangan Rusak Diterjang Gelombang Rob, Bupati Situbondo Janjikan Pembangunan Tangkis Pemecah Ombak

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengunjungi korban gelombang rob di Dusun Laok Bindung, Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Selasa (13/7/2021). Total ada 10 rumah warga yang rusak akibat peristiwa itu.

Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan dekat akan membangun tangkis pemecah ombak dilokasi tersebut. "Setelah kami lihat langsung memang kondisi sudah parah. Bahkan ada beberapa rumah warga yang rusak akibat terjangan gelombang air laut. Untuk itu, kita akan bangun tangkis," ujarnya.

Orang nomor satu di Kota Santri ini mengungkapkan, dalam waktu dekat pihaknya akan menurunkan tim untuk mengkaji pembangunan tangkis pemecah ombak. "Ini tidak bisa langsung dibuat, apalagi bulan Agustus besok itu diprediksi ombaknya masih tinggi," imbuhnya.

Bung Karna menjelaskan, perlu kajian yang mendalam sebelum memulai pembangunan tangkis pemecah ombak. "Kita ukur dulu tinggi ombak berapa Meter, Baru, bisa mengetahui ketebalan, ketinggian dan panjang tangkisnya itu berapa," tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut, Bung Karna juga membagikan bantuan paket sembako kepada korban bencana gelombang rob. "Tolong jangan dilihat banyaknya, tapi lihatlah kepedulian pemerintah daerah," jelasnya.

Sementara itu, salah satu warga setempat, Suhadi (46) berharap, pemerintah daerah segera merealisasikan pembangunan tangkis pemecah ombak. "Kami sangat berharap pembangunan ini (tangkis pemecah ombak -red) jangan terlalu lama. Sebisa mungkin dipercepat, karena kami memang sangat membutuhkan," pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kades Landangan, Kamilul Ma'arif memaparkan, panjang wilayah yang diterjang gelombang rob yaitu, 500 Meter. "Nanti kita sampai secara lengkap kepada bapak bupati berapa Meter yang perlu dibangun tangkis," tutupnya. (Humas).


Dibaca : 109X